7 Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya

Gigi ngilu yang dibiarkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bisa juga disertai demam dan menggigil, gigi ngilu yang parah bisa membuat penderita kesulitan makan maupun berbicara. Gigi ngilu seperti ini disebabkan oleh berbagai faktor dan biasanya menimbulkan gigi berlubang atau infeksi yang lebih serius. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui pertolongan pertama untuk gigi ngilu agar kamu bisa setidaknya mengurangi rasa sakit sebelum pergi ke dokter.

Melalui artikel dari Klinik Gigi PUTIH Dental berikut ini, kami akan menjelaskan tentang penyebab gigi ngilu dan cara mengatasinya. Jangan sampai salah penanganan, simak penjelasan selengkapnya di artikel berikut ini ya.

Table of Contents

Penyebab Gigi Ngilu

Buat kamu yang sering mengalami gigi ngilu, ada beberapa penyebab gigi ngilu yang perlu kamu ketahui. 

1. Gigi Berlubang

Biasanya, gigi ngilu merupakan tanda awal dari gigi berlubang. Hal ini disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk dan tidak membersihkan karang gigi secara rutin. Kebanyakan makanan manis juga bisa menyebabkan gigi berlubang. Sulit untuk mengetahui gigi berlubang sejak dini karena biasanya belum terlihat, itu sebabnya, penting untuk menjaga kebersihan gigi secara menyeluruh untuk mencegah munculnya gigi berlubang.

Baca Juga: Gigi Berlubang Hitam: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi

2. Gigi Sensitif

Pernahkah kamu merasa gigi ngilu sesaat setelah minum minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin? Gigi ngilu akibat pemicu dari suhu makanan dan minuman disebabkan oleh gigi yang sensitif. Hal ini terjadi karena lapisan enamel gigi telah menipis dan akhirnya membuat gigi semakin sensitif terhadap suhu atau tekstur tertentu.

3. Masalah pada Gusi

Selain gigi berlubang dan sensitif, gigi ngilu juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada gusi. Penyebabnya beragam mulai dari rutin merokok, terlalu keras saat menggosok gigi atau penumpukan plak. Meski termasuk hal yang lumrah terjadi, masalah gusi yang dibiarkan bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti periodontitis atau infeksi gusi yang merusak gigi.

4. Abses Gigi

4. Abses Gigi

Abses gigi merupakan kumpulan nanah yang ada di pangkal gigi dan disebabkan karena infeksi bakteri. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan gigi ngilu dan tidak nyaman saat mengunyah makanan.

5. Gigi Retak

Makan makanan yang terlalu keras bisa menyebabkan gigi retak dan akhirnya membuat gigi ngilu. Kondisi ini biasanya juga disebabkan oleh benturan atau pukulan di area gigi.

6. Sering Menggertakkan Gigi

Bisa menyebabkan terjadinya pengikisan email gigi, sering menggertakkan gigi akan membuat gigi ngilu dan sakit gigi yang mengganggu. Sebaiknya konsultasikan ke dokter tentang kebiasaan ini agar tidak terjadi terus-menerus.

7. Memakai Produk Perawatan Gigi yang Berlebihan 

Gak banyak yang tahu, produk perawatan gigi ada yang mengandung alkohol maupun bahan kimia lain yang bisa menyebabkan gigi jadi lebih sensitif dan ngilu. Perlu diperhatikan untuk tidak berlebihan dalam menggunakan produk perawatan gigi.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Setelah mengetahui berbagai penyebab gigi ngilu, ada beberapa cara mengatasi gigi ngilu yang bisa kamu coba di rumah, maupun dengan dokter gigi langgananmu:

  • Pakai pasta gigi khusus gigi sensitif untuk menurunkan tendensi gigi ngilu saat makan atau minum dengan suhu tertentu
  • Memperkuat email atau lapisan terluar gigi dengan mengoleskan flouride agar lapisan gigi lebih kuat dan terhindar dari ngilu
  • Operasi gusi khusus untukmu yang memang memiliki masalah gusi tertentu
  • Perawatan akar gigi, biasanya dilakukan di bagian inti gigi untuk mengatasi ngilu yang parah
  • Teeth bonding atau proses menempelkan bahan tertentu untuk mengatasi gigi berlubang atau akar gigi yang terbuka

Kamu juga bisa semakin menjaga kesehatan gigi dengan mengunjungi klinik gigi terpercaya dan melakukan proses pemeriksaan gigi secara rutin. Mulai dari membersihkan karang gigi, hingga melakukan pencabutan gigi.

Itulah tadi informasi mengenai penyebab gigi ngilu dan cara mengatasinya dari Putih Dental. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan gigimu agar terhindar dari gigi ngilu, ya.