5 Cara Menghilangkan Gigi Hitam dan Penyebab Gigi Menjadi Hitam

Gigi hitam bisa terjadi karena berbagai alasan. Pembusukan, ataupun gigi berlubang biasanya dimulai dengan bintik hitam yang tidak terlihat. Itu sebabnya, makanan dan minuman tertentu juga memiliki dampak terhadap kerusakan gigi. Jika kamu mengalami gigi hitam, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter karena biasanya ada masalah tertentu di inti gigi.

Nah, berikut ini penjelasan dari Klinik Gigi PUTIH Dental mengenai cara menghilangkan gigi hitam dan penyebab gigi hitam yang perlu kamu tahu. Jangan sampai dibiarkan, gigi hitam yang sakit bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius.

Table of Contents

Penyebab Gigi Hitam

Biasanya, gigi tidak akan menjadi hitam dalam semalam. Sebaliknya, hal itu akan terjadi seiring berjalannya waktu. Idealnya, seseorang dapat memeriksakan diri ke dokter gigi sebelum kerusakannya menjadi terlalu parah. Berikut ini penyebab gigi hitam yang dilansir dari Healthline:

  • Gigi berlubang: Disebabkan oleh bakteri yang merusak email gigi sehingga meninggalkan lubang-lubang kecil. Lubang-lubang ini bisa terlihat gelap dan akhirnya menghitam.
  • Restorasi gigi: Tambalan gigi yang mengandung amalgam, terutama perak sulfida, dapat menyebabkan gigi tampak berwarna hitam.
  • Pewarnaan: Makan dan minum produk makanan berwarna gelap, seperti teh dan cola, bisa menodai gigi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu: Suplemen zat besi cair, misalnya, bisa menyebabkan noda pada gigi.
  • Karang gigi: Karang gigi merupakan timbunan plak keras yang dapat menumpuk di gigi dan biasanya muncul di bawah garis gusi. Beberapa bentuk karang gigi ini berwarna hitam.
  • Tembakau: Merokok atau mengunyah tembakau dapat menodai gigi secara signifikan.

Penyakit Akibat Gigi Hitam

Penyakit Akibat Gigi Hitam

Merawat gigi yang menghitam segera menjadi suatu keharusan, terutama jika kondisi tersebut disebabkan oleh plak gigi. Tanpa penanganan yang tepat atau jika penanganan terlambat dilakukan, masalah kesehatan ini dapat menyebabkan dampak serius, seperti:

  • Nyeri parah pada gigi
  • Munculnya abses gigi
  • Gangguan pada gusi seperti periodontitis atau gingivitis
  • Perubahan pada struktur rahang
  • Gigi bisa copot atau bahkan patah.

Yang lebih mengkhawatirkan, bakteri penyebab infeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Jika hal ini terjadi, risiko seseorang terhadap masalah kesehatan serius seperti stroke dan penyakit jantung meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, tindakan pencegahan dan perawatan yang tepat pada gigi yang menghitam sangat penting untuk menghindari komplikasi yang berpotensi membahayakan kesehatan secara keseluruhan.

Cara Menghilangkan Gigi Hitam

Cara Menghilangkan Gigi Hitam

Menghilangkan gigi hitam bisa dilakukan dengan penanganan medis maupun keteraturan kamu dalam merawat kebersihan gigi. Nah, berikut ini merupakan cara mengatasi gigi yang menghitam:

1. Menyikat Gigi dengan Teratur

Salah satu cara untuk mengatasi gigi yang menghitam dan menjaga kesehatan gigi secara menyeluruh adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Disarankan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari supaya membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Penggunaan benang gigi juga dapat membantu membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

2. Menggunakan Garam

Garam telah lama dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan gigi, dan juga bisa membantu mengatasi gigi yang menghitam. Garam mengandung mineral yang dapat membersihkan bintik-bintik pada gigi. Untuk mengaplikasikannya, campurkan pasta gigi dengan sedikit garam, lalu gunakan campuran tersebut saat menyikat gigi.

3. Mengunyah Sayuran Hijau

Selain kaya nutrisi untuk tubuh, sayuran hijau dapat digunakan untuk mengatasi gigi yang menghitam. Mengunyah sayuran hijau mentah seperti seledri dan selada dapat membantu memutihkan gigi. Meskipun cara ini sebenarnya masih perlu pembuktian lebih lanjut secara medis.

4. Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan gigi menghitam, terutama jika jumlahnya berlebihan. Oleh karena itu, membersihkan karang gigi secara efektif dapat menjadi solusi instan untuk memulihkan warna gigi.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Karang Gigi yang Efektif dan Aman

5. Melakukan Bleaching Gigi

Perawatan terakhir yang dapat dipertimbangkan adalah bleaching gigi, suatu prosedur yang bertujuan mengembalikan warna gigi menjadi lebih putih. Meskipun hasilnya mungkin tidak sepenuhnya memutihkan gigi hingga seratus persen.

Penting untuk diingat bahwa gigi yang menghitam seringkali adalah hasil dari kebiasaan buruk, sehingga menjaga kebersihan mulut dan gigi secara rutin adalah kunci untuk memiliki gigi yang bersih dan putih.

Itulah informasi mengenai cara menghilangkan gigi hitam, beserta penyebab dan penyakit lain yang mungkin muncul. Jangan lupa untuk selalu rutin menjaga kesehatan gigi dengan mengunjungi dokter gigi secara rutin. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.