8 Cara Membersihkan Karang Gigi yang Efektif dan Aman

Karang gigi sering dianggap sepele. Padahal, hal ini dapat menyebabkan masalah gigi yang lebih serius, seperti gigi berlubang hingga berdarah. Nah, sebelum memicu masalah yang lebih parah, penting untuk menerapkan cara membersihkan karang gigi.

Untuk membersihkan karang gigi, bisa dilakukan dengan metode medis dan cara alami. Kendati demikian, cara membersihkan karang gigi secara alami hanya sebagai pembantu. Selebihnya, tetap perlu dilakukan perawatan rutin di dokter atau klinik gigi terdekat. Terkait cara membersihkan karang gigi yang tepat simak dalam ulasan ini.

1. Sikat Gigi Minimal Dua Kali Sehari

Cara membersihkan karang gigi termudah bisa dengan menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari, melansir Healthline. Namun, saat menyikatnya, pastikan menggunakan sikat gigi yang lembut agar tidak melukai gusi.

Selain itu, sebaiknya ganti sikat gigi setelah 3-4 bulan pemakaian. Hal ini perlu dilakukan karena pada waktu tersebut, bulu sikat gigi biasanya mulai rontok sehingga sulit menjangkau plak atau karang gigi.

Menambahkan dari American Dental Association (ADA), penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride juga sangat penting. Dengan begitu, gigi akan selalu terlindung dari penyebab karang gigi.

2. Flossing Sebelum Sikat Gigi

Untuk mencegah sekaligus membersihkan karang gigi, cobalah flossing dulu sebelum menyikat gigi. Cara ini dapat mengendurkan sisa makanan sehingga lebih mudah disikat, melansir Healthline.

Cara membersihkan gigi dengan benang ini sederhana. Cukup ambil benang gigi, lalu lilitkan ke ujung jari tengah. Pegang benang gigi kencang-kencang, kemudian gerakan di salah satu sela gigi. Lakukan secara perlahan agar tidak menyakiti gigi dan gusi. Jika sudah, ulangi hal yang sama pada sela gigi lainnya.

3. Oil pulling

Oil pulling dianggap bisa membersihkan karang gigi. Namun, klaim tersebut masih diteliti lebih lanjut.

Walau demikian, riset yang dilakukan pada 60 anak remaja menemukan bahwa 50 persen peserta penelitian berkurang plak atau karang giginya setelah rutin oil pulling.Penelitian yang termuat dalam National Library of Medicine juga menunjukkan radang gusi yang diderita peserta penelitian pun mereda.

Hal tersebut berkaitan dengan sifat anti inflamasi dari minyak yang digunakan untuk oil pulling. Adapun, menurut Medical News Today, jenis minyak yang bisa dipakai yaitu minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak almond. Untuk melakukannya, berkumurlah selama 5-10 menit dengan minyak tersebut, lalu muntahkan.

4. Sikat Gigi dengan Pasta Gigi yang Mengandung Baking Soda

Penelitian yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda efektif untuk mengurangi plak dan karang gigi, melansir Medical News Today.

Bahkan, walau termasuk bahan aktif, cara membersihkan karang gigi dengan baking soda masih aman sehingga tidak merusak enamel.

Lebih jauh, pasta gigi yang mengandung baking soda juga dapat melindungi gigi dari demineralisasi. Hal ini berkaitan dengan pH tinggi yang dapat kandungannya yang bisa menyeimbangkan pH dalam mulut.

5. Gunakan Water Flosser

Cara membersihkan karang gigi lainnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan water flosser. Alat ini bisa mengeluarkan makanan dan plak yang sulit dijangkau dengan benang gigi.

Menurut ulasan, penggunaan water flosser bersamaan dengan sikat gigi efektif menghilangkan karang gigi hingga 29 persen. Kendati demikian, alat ini tidak lantas bisa menggantikan fungsi dental floss. Kamu tetap perlu flossing dan menyikat gigi meski sudah memakai alat ini.

7. Rutin Scaling Gigi

Scaling atau membersihkan gigi bisa dibilang sebagai cara terbaik untuk menghilangkan karang dan plak. Pada prosedur ini, dokter akan membersihkan karang gigi pasien menggunakan alat khusus. Setelah dibersihkan, dokter biasanya juga mengoleskan fluoride pada permukaan gigi pasien.

Dilansir Cleveland Clinic, membersihkan gigi dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun, jika gigimu berlubang atau rentan terhadap penyakit gusi, scaling mungkin perlu dilakukan lebih sering. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi pada dokter dan klinik gigi terpercaya.

8. Perawatan Penyakit Gusi

Apabila karang gigi membuat gigi atau tulang di sekitarnya keropos, dokter mungkin merekomendasikan untuk melakukan perawatan gusi. Prosedur ini dilalukan dengan membersihkan karang gigi yang terperangkan di bawah gusi. Nah, bagian tersebut biasanya sulit dijangkau dengan flossing dan menyikat gigi.

Adapun cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dengan perawatan penyakit gusi umumnya meliputi scaling dan rootplaning. Dokter pun mungkin melakukan perawatan saluran akar dan terapi laser periodontal untuk membunuh bakteri di bawah gusi, melansir Cleveland Clinic.

Cara Mencegah Karang Gigi

Bisa dihilang harga membersihkan karang gigi cukup terjangkau. Walau demikian, alangkah lebih baik jika kamu bisa mencegahnya alih-alih menghilangkan.

  • Menurut laman Cleveland Clinic, ada beberapa cara mencegah karang gigi yang bisa dilakukan. Berikut beberapa uraiannya:
  • Sikat gigi minimal dua kali sehari menggunakan sikat berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Lakukan flossing setiap hari untuk membersihkan kotoran yang sulit dijangkau di sela-sela gigi.
  • Berkumur dengan obat kumur antibakteri bebas alkohol dua kali sehari. Hal ini dapat membantu membunuh kuman di dalam mulut yang dapat memicu penumpukan plak dan karang gigi.
  • Jangan merokok karena aktivitas ini dapat memicu karang gigi dan plak
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan dan demi menjaga kesehatan gigimu.
  • Perubahan pola makan juga dapat dilakukan untuk mencegah karang gigi. Hal sederhana yang bisa dicoba seperti mengurangi konsumsi gula dan makanan asam yang bisa merusak gigi.

Demikian cara membersihkan karang gigi yang dapat diupayakan dan dicoba. Untuk mendapatkan perawatan gigi terbaik, kamu bisa berkonsultasi ke dokter atau klinik gigi. Dokter biasanya akan merekomendasikan perawatan yang tepat guna membersihkan karang gigi. Semoga ulasan ini bermanfaat