Apa Itu Scaling Gigi? Tujuan, Manfaat, Biaya dan Prosedur

Scaling gigi merupakan salah satu perawatan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang sering disepelekan oleh banyak orang. Namun sebenarnya scaling gigi memiliki peran yang sangat vital dalam mencegah berbagai masalah gigi dan penyakit mulut. Putih Dental akan menjelaskan soal scaling gigi dan manfaatnya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh.

Melalui artikel dari Klinik Gigi PUTIH Dental berikut ini, kamu akan mengerti apa itu scaling gigi, manfaat scaling gigi, kapan harus melakukannya, prosedur, dan berapa biaya scaling gigi. Simak sampai selesai, ya.

Table of Contents

Apa Itu Scaling Gigi?

Scaling gigi adalah prosedur pembersihan karang gigi yang dilakukan oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi secara profesional. Prosedur ini bertujuan untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang menumpuk di permukaan gigi, di bawah gusi, dan di area yang sulit dijangkau dengan sikat gigi biasa. Plak merupakan lapisan lengket yang terbentuk akibat menempelnya sisa-sisa makanan dan bakteri pada gigi, sedangkan karang gigi merupakan plak yang mengeras menjadi lapisan keras dan sulit dihilangkan dengan sikat gigi biasa.

Manfaat Scaling Gigi

Manfaat Scaling Gigi

Apa saja manfaat scaling gigi? Berikut ini berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari melakukan perawatan ini secara teratur:

  • Mencegah penyakit gusi dengan mengurangi plak dan karang gigi yang dapat menyebabkan peradangan gusi

  • Mengurangi bau mulut dengan membersihkan plak dan karang gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut

    Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Plak Gigi Kuning dengan Tepat

  • Mencegah karies dengan menghilangkan plak yang mengandung bakteri penyebab gigi berlubang

  • Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan dengan menjaga kebersihan gigi dari plak dan karang gigi

  • Memperbaiki penampilan gigi dengan menghilangkan noda dan perubahan warna kuning pada gigi, sehingga memberikan senyum yang lebih cerah dan percaya diri.

Kapan Harus Melakukan Scaling Gigi

Setelah mengetahui manfaatnya, kamu pasti bertanya-tanya kapan harus melakukan scaling gigi? Scaling gigi dan root planing direkomendasikan oleh dokter gigi ketika terdapat tanda-tanda penyakit periodontal kronis, seperti gusi bengkak, berwarna merah, nyeri, dan mudah berdarah. Prosedur ini membantu menghentikan efek berbahaya penyakit tersebut dengan menjaga kesehatan mulut dan menghindari kehilangan tulang, jaringan gigi, gigi lepas, dan gigi goyang.

Prosedur Scaling Gigi

Prosedur scaling gigi melibatkan beberapa langkah, mulai dari pemberian anastesi lokal, pembersihan karang gigi dengan alat ultrasonik, penggunaan scaler manual untuk membersihkan plak dan karang gigi, hingga pemakaian alat pemoles gigi dengan karet lembut di bagian ujungnya.

Biaya Scaling Gigi

Biaya Scaling Gigi

Kalau kamu penasaran tentang berapa biaya scaling gigi, biasanya, biaya scaling gigi berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 500.000 untuk satu kali sesi. Harga tersebut dapat bervariasi tergantung dari lokasi di mana prosedur tersebut dilakukan, baik itu di puskesmas, klinik gigi, praktek dokter gigi, atau rumah sakit.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai apa itu scaling gigi, manfaat scaling gigi, kapan harus melakukan scaling gigi, prosedur, dan biaya scaling gigi. Jika kamu ingin melakukan perawatan scaling gigi ini, sebaiknya kamu memilih klinik gigi yang terpercaya dan terjamin kebersihannya seperti Klinik Gigi PUTIH Dental.