5 Cara Menghilangkan Plak Gigi Kuning dengan Tepat

Sering disepelekan, plak gigi yang dibiarkan nyatanya berdampak pada masalah gigi yang lebih serius. Ketika sudah menumpuk tanpa dibersihkan, plak bisa menghancurkan gigi secara perlahan, dan membuat seseorang kesakitan baik itu di gigi maupun gusi. Perawatan gigi yang benar memang harus dimulai dari dini, termasuk juga pembersihan plak gigi secara menyeluruh. Plak gigi yang menumpuk bukan hanya menyebabkan sakit gigi, tapi juga bisa mempengaruhi penampilan karena warnanya yang cenderung kuning.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menghilangkan plak gigi kuning dengan tepat sekaligus penyebabnya, simak artikel dari Klinik Gigi PUTIH Dental berikut ini. Ada juga rekomendasi klinik gigi yang bisa kamu kunjungi.

Penyebab Munculnya Plak Gigi

Plak gigi adalah sebuah lapisan tipis berwarna putih kekuningan yang dapat ditemukan di antara gigi dan gusi. Pembentukan lapisan ini terjadi ketika sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan berinteraksi dengan bakteri di mulut. Plak gigi juga mungkin terbentuk di daerah yang terletak di bawah gusi, khususnya di sekitar akar gigi. Jika plak ini dibiarkan tanpa tindakan pembersihan yang tepat, seiring berjalannya waktu, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada tulang penopang gigi.

Penyebab dari penumpukan plak gigi sendiri sering terjadi ketika sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik menempel pada sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan ini berinteraksi dengan bakteri yang berada dalam mulut. Bakteri tersebut menguraikan karbohidrat dari sisa makanan tersebut, menciptakan suasana asam dalam mulut.

Jika plak dibiarkan terus menerus, maka akumulasi dari sisa makanan dan bakteri ini akan membentuk suatu lapisan lengket yang tak terlihat yang disebut plak gigi. Lama kelamaan, lapisan lengket ini akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi atau tartar. Kehadiran tartar ini dapat menyebabkan kerusakan gigi yang lebih serius.

Cara Menghilangkan Plak Gigi Kuning dengan Tepat

Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk mencegah dan menghilangkan plak pada gigi. Dilansir Alodokter, berikut ini adalah cara-cara yang efektif:

1. Menjaga Kebersihan Gigi dengan Rutin

Pembersihan gigi yang teratur adalah cara paling efektif untuk mengatasi plak. Pastikan kamu menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam, untuk mengangkat sisa makanan, mencegah plak, dan menghilangkan plak yang sudah terbentuk.

2. Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat memperkuat enamel gigi, memberikan perlindungan tambahan terhadap plak, dan mengurangi risiko gigi berlubang.

3. Mengganti Sikat Gigi secara Berkala

Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan atau saat bulu sikat sudah mulai aus dan tidak lagi efektif dalam membersihkan gigi. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut, terutama jika kamu memiliki gigi sensitif.

4. Menggunakan Benang Gigi

Gunakan benang gigi setidaknya sekali sehari, terutama sebelum tidur, untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Hal ini penting untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal.

5. Berkumur dengan obat kumur

Obat kumur yang mengandung antiseptik dapat membantu membunuh bakteri di antara gigi dan lidah. Pilihlah obat kumur yang mengandung bahan seperti cetylpyridinium chloride, fluoride, atau peroxide untuk mencegah plak dan kerusakan gigi.

Selain itu, penting juga untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula, seperti permen, es krim, cokelat, atau minuman bersoda. Jangan lupa untuk segera menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan manis agar bakteri penyebab plak dan kerusakan gigi tidak memiliki kesempatan untuk berkembang.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Menghilangkan Plak Gigi Kuning

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan yang lebih intensif untuk menghilangkan plak di beberapa cabang Klinik Gigi PUTIH Dental. Jangan asal pilih klinik, berikut ini rekomendasi klinik gigi Putih Dental beserta alamatnya:

Jl. Pantai Indah Utara 2 No.2, RT.2/RW.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Jl. Puri Kembang Timur No.39, RT.1/RW.5, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Itulah tadi informasi mengenai cara menghilangkan plak gigi beserta penyebab dan rekomendasi klinik gigi yang bisa kamu tuju. Terus lakukan perawatan gigi sejak dini secara menyeluruh, dengan pembersihan yang tepat. Jika kamu mengalami masalah gigi yang tidak kunjung sembuh, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan.