Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak dan Tips Merawatnya

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak dan Tips Merawatnya

Belum banyak yang tahu, sebenarnya gigi-gigi bayi mulai tumbuh bahkan sebelum bayi dilahirkan, meskipun gigi tersebut belum muncul ke permukaan. Inilah sebabnya ibu hamil seringkali membutuhkan lebih banyak kalsium, karena kalsium mendukung pertumbuhan gigi dan tulang bayi di dalam rahim. Kemudian, gigi bayi akan berkembang sepenuhnya dengan total 20 gigi susu yang muncul berpasangan. Saat gigi bayi tumbuh, orangtua harus mulai memperhatikan pertumbuhannya.

Melalui artikel Klinik Gigi PUTIH Dental di bawah ini, akan dijelaskan mengenai tahapan pertumbuhan gigi anak serta tips perawatannya. Karena merawat gigi sangat penting bahkan di usia dini, simak penjelasan dan informasi lengkapnya sampai selesai, ya.

Jenis-Jenis Gigi Anak

Sebelum memahami perkembangan gigi pada anak-anak, penting untuk mengenal berbagai jenis gigi yang tumbuh pada mereka. Berikut adalah beberapa jenis gigi yang muncul pada bayi dan anak-anak:

  • Gigi seri: Gigi-gigi depan yang berada di rahang atas dan bawah, digunakan untuk menggigit dan merobek makanan. Biasanya, gigi seri atas dan bawah muncul dengan cepat.
  • Gigi taring: Gigi dengan ujung runcing yang terletak di antara gigi seri di rahang atas dan bawah. Gigi taring berfungsi untuk memotong dan merobek makanan.
  • Gigi premolar (geraham depan): Gigi-gigi ini digunakan untuk menghancurkan dan menghaluskan makanan. Mereka terletak di belakang gigi seri.
  • Gigi molar (geraham belakang): Gigi-gigi ini lebih besar daripada gigi premolar dan juga digunakan untuk menghaluskan makanan. Molar berada di bagian belakang rahang.

Memahami berbagai jenis gigi ini penting dalam merawat kesehatan gigi dan memahami perkembangan gigi anak selama masa pertumbuhan.

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak

Pertumbuhan gigi pada anak-anak berbeda-beda untuk setiap orang. Bisa jadi, beberapa gigi muncul lebih dulu daripada yang lain. Meskipun bervariasi, pada umumnya pertumbuhan gigi pada anak mengikuti serangkaian tahapan yang hampir sama. Berikut adalah tahapan pertumbuhan gigi pada anak:

1. Usia 13-19 Bulan

Pada rentang usia ini, anak akan mulai tumbuh gigi premolar pertama di rahang atas dan bawah hampir bersamaan. Selain itu, produksi air liur di mulut anak juga meningkat pada periode ini.

2. Usia 17-23 Bulan

Antara usia 17-23 bulan, gigi taring anak akan mulai muncul baik di rahang atas maupun bawah. Ini menandakan bahwa anak sudah siap untuk mengonsumsi makanan padat. Selama tahap pertumbuhan gigi taring ini, ada kemungkinan bahwa gigi gingsul bisa muncul. Hal ini disebabkan oleh gigi geraham depan yang sudah muncul lebih dulu, memberikan sedikit ruang bagi gigi taring untuk tumbuh dengan benar.

3. Usia 23-33 Bulan

Pertumbuhan gigi berlanjut dengan gigi geraham kedua yang mulai muncul di pangkal gusi atas dan bawah.

4. Usia 2-3 Tahun

Ketika anak mencapai usia 2-3 tahun, mereka biasanya telah memiliki 20 gigi susu lengkap, dengan 10 gigi di rahang atas dan 10 gigi di rahang bawah. Susunan gigi susu ini akan tetap ada hingga anak mencapai usia 6-7 tahun, ketika gigi permanen mulai tumbuh. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari guna menjaga kebersihan mulut dan mencegah masalah gigi.

Tips Perawatan Gigi Anak

Menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut memang harus sudah dilakukan sedini mungkin. Oleh sebab itu, menjadi tanggung jawab orangtua untuk mengajari dan membiasakan anak untuk merawat giginya. Berikut ini berbagai tips untuk merawat gigi anak:

  • Mengajar anak untuk menyikat gigi yang benar. Hal ini harus dilakukan sedini mungkin, dengan aturan minimal dua kali sehari
  • Membatasi untuk konsumsi makanan manis dan mengutamakan makanan yang bergizi
  • Membiasakan untuk sikat gigi sebelum tidur pada malam hari
  • Membatasi pemberian susu melalui dot
  • Membiasakan untuk kontrol ke dokter gigi minimal dua kali dalam setahun
  • Menggunakan pasta dan sikat gigi khusus anak

Jika kamu menemukan adanya masalah gigi yang terjadi seperti gigi berlubang atau plak gigi menumpuk pada anak, sebaiknya segera konsultasikan ke klinik gigi andalan untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Klinik Gigi Anak Terbaik

Merawat gigi anak tidak boleh sembarangan. Kamu harus konsisten sejak usianya masih dini, dan memilih klinik gigi untuk berkonsultasi secara tepat. Kebersihan klinik juga harus menjadi konsentrasi utama, untuk itu, berikut ini rekomendasi klinik gigi anak terbaik yang bisa kamu kunjungi:

Jl. Pantai Indah Utara 2 No.2, RT.2/RW.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Jl. Puri Kembang Timur No.39, RT.1/RW.5, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Itulah tadi informasi dan penjelasan lengkap mengenai pertumbuhan gigi anak, jenis gigi, sampai tips merawat gigi anak. Jangan lupa untuk mengunjungi klinik gigi minimal dua kali dalam setahun untuk mendapatkan konsultasi dan perawatan terbaik untuk gigi anak sejak dini, ya.