Tahapan Perkembangan Gigi Susu Anak dan Cara Merawatnya

Tahapan Perkembangan Gigi Susu Anak dan Cara Merawatnya

Sebagai orangtua, kamu butuh mempelajari lebih dalam tentang gigi susu anak dan bagaimana cara merawatnya dengan benar, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang apa itu gigi susu, tahapan perkembangannya, dan cara merawat gigi susu yang tepat. Simak sampai selesai untuk mengetahui informasi lengkapnya, ya.

Apa Itu Gigi Susu?

Gigi susu merupakan serangkaian gigi pertama yang muncul pada anak sebelum gigi permanen tumbuh. Proses pertumbuhan gigi susu umumnya mengikuti urutan tertentu. 

Meskipun nantinya akan digantikan oleh gigi permanen, perawatan yang baik terhadap gigi susu tetap sangat penting karena dapat berpengaruh pada pertumbuhan gigi permanen anak. 

Fungsi-fungsi gigi susu sangat beragam, termasuk sebagai penjaga ruang bagi gigi permanen yang akan datang, berkontribusi dalam pembentukan struktur wajah anak, serta memainkan peran penting dalam kemampuan anak untuk berbicara dengan jelas, tersenyum, dan mengunyah makanan dengan baik. 

Oleh karena itu, merawat gigi susu dengan baik sangat penting bukan hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk mendukung perkembangan gigi dan fungsi-fungsi pentingnya pada masa mendatang. 

Tahapan Perkembangan Gigi Susu Anak

Tahapan Perkembangan Gigi Susu Anak

Gigi susu merupakan gigi sementara yang tumbuh pada masa kanak-kanak dan akan mengalami tanggal untuk kemudian digantikan oleh gigi dewasa. 

Pada umumnya, seorang anak memiliki 20 gigi susu, terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 gigi geraham. Proses tumbuhnya gigi susu pada anak terjadi secara bergantian, dengan gigi seri depan bagian bawah menjadi yang pertama muncul. 

Perkembangan gigi susu dapat dibagi ke dalam beberapa tahap, yaitu:

  1. Pertama, ada periode bantalan gusi yang berlangsung dari saat kelahiran hingga sekitar 6-7 bulan. 
  2. Kemudian, muncul periode gigi desidui, berkisar antara usia 6-7 bulan hingga sekitar 3 tahun, di mana gigi susu pertama mulai muncul. Meskipun beberapa bayi dapat memiliki gigi susu lebih awal atau lebih lambat, pada usia sekitar 3 tahun, sebagian besar anak sudah memiliki set lengkap gigi susu.
  3. Pada fase berikutnya, sekitar usia 5-6 tahun, terjadi periode gigi bercampur di mana gigi tetap mulai mendorong dan menggantikan gigi susu. 

Proses ini dapat berlangsung berbeda-beda pada setiap anak. Selama periode ini, gigi geraham tetap mulai tumbuh sementara gigi susu masih ada dalam mulut anak. 

Terakhir, pada usia sekitar 13 tahun hingga sekitar 21 tahun, anak memasuki periode gigi permanen atau gigi tetap, di mana semua gigi tetapnya telah muncul sepenuhnya. Itu sebabnya, pemahaman yang baik tentang tahapan pertumbuhan gigi anak dapat membantu orangtua dan anak dalam menjalani setiap tahap dengan lebih baik.

Kapan Gigi Susu Tanggal? 

Proses tanggalnya gigi susu pada anak dapat dipengaruhi oleh susunan dan posisi masing-masing gigi dalam mulut. 

Gigi susu pertama yang umumnya tanggal adalah gigi yang pertama kali tumbuh. Berikut adalah petunjuk umur gigi susu tanggal berdasarkan posisinya:

  • Umur 5–6 tahun: Gigi seri tengah bagian bawah cenderung menjadi gigi susu pertama yang tanggal.
  • Umur 6–7 tahun: Gigi seri atas dan gigi lateral tanggal pada rentang waktu ini. 
  • Umur 11–12 tahun: Gigi taring bawah dan atas akan tanggal terlebih dahulu, diikuti oleh molar pertama bagian bawah dan atas.
  • Sekitar usia 13 tahun: Gigi geraham bawah dan atas kedua akan tanggal.

Baca Juga: Cabut Gigi: Penyebab, Biaya dan Prosedurnya

Cara Merawat Gigi Susu

Cara Merawat Gigi Susu

Agar gigi susu anak terjaga kesehatannya, orangtua perlu melakukan langkah-langkah pencegahan dan perawatan. Mulailah dengan mengenalkan anak pada kebiasaan menyikat gigi begitu gigi pertama muncul. Tidak bisa disamakan dengan orang dewasa, sebaiknya gunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk anak. Lakukan sikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu sebelum tidur dan setelah bangun pagi.

Pastikan untuk selalu mendampingi anak saat menyikat gigi untuk memastikan teknik yang benar. Pilih makanan sehat, seperti sayur dan buah, yang dapat membantu membersihkan gigi secara alami. Serta, jadwalkan pemeriksaan rutin di dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk pemantauan dan pencegahan lebih lanjut.

Dengan pemahaman yang baik tentang perawatan gigi anak, orangtua dapat membantu menjaga kesehatan gigi susu anak dengan baik.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tahapan perkembangan gigi susu anak, cara merawatnya, serta informasi mengenai kapan gigi susu tanggal. 

Jangan lupa untuk mengajak anak berkunjung ke dokter gigi PUTIH Dental secara rutin untuk mendapatkan perawatan gigi sesuai kebutuhan!