Polishing Gigi: Jenis, Biaya dan Manfaat

Polishing Gigi: Jenis, Biaya dan Manfaat

Dengan semakin berkembangnya teknologi, sekarang ini kamu sudah bisa merasakan dan menjajal sendiri berbagai prosedur perawatan gigi sesuai kebutuhan. Salah satunya polishing gigi, yang kini banyak diminati karena bermanfaat untuk membuat gigi jadi tampak lebih sehat dan cerah. Nah, sebelum melakukan prosedur ini, kamu butuh lebih dahulu mengerti lebih jauh tentang perawatan gigi itu sendiri.

Di dalam artikel dari Klinik Gigi PUTIH Dental ini, kamu akan dijelaskan tentang apa itu polishing gigi, jenis polishing gigi, biayanya, sampai manfaat apa saja yang bisa kamu rasakan. Makanya, untuk mengetahui lebih detail, simak artikel di bawah ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Polishing Gigi

Polishing gigi adalah suatu prosedur perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi dengan tujuan menghapus noda pada gigi dan meratakan permukaannya. Tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan estetika gigi, membuatnya tampak lebih putih, serta menghilangkan noda yang mungkin muncul akibat kurangnya perawatan gigi.

Dokter gigi umumnya melaksanakan proses pemolesan setelah melakukan pembersihan gigi untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang sulit diatasi. Proses pemolesan ini juga dapat diterapkan pada akar gigi yang terbuka setelah menjalani tindakan operasi gigi.

Penting untuk diketahui bahwa polishing gigi tidak menimbulkan rasa sakit pada gigi atau gusi pasien. Namun, agar tindakan ini efektif dan aman, sebaiknya hanya dilakukan oleh dokter gigi yang berpengalaman. Pemolesan yang tidak tepat dapat mempengaruhi lapisan terluar gigi yang disebut enamel atau email, dan jika tidak dilakukan dengan benar, tindakan ini bisa menyebabkan masalah seperti gigi sensitif.

Jenis Polishing Gigi

Jenis Polishing Gigi

Sebelum melakukan prosedur polishing gigi, alangkah baiknya kamu mengerti lebih dulu tentang jenis polishing gigi itu sendiri. Berikut jenisnya yang perlu kamu ketahui:

1. Terapeutic Polishing

Pemolesan terapeutik digunakan dalam beberapa kasus operasi gigi yang dapat menyebabkan sementum muncul. Sementum adalah jaringan ikat keras yang melapisi akar gigi. Tujuan dari jenis pemolesan ini adalah untuk menghilangkan bakteri yang dapat menginfeksi akar gigi.

2. Cosmetic Polishing

Pemolesan gigi juga memiliki aspek estetika. Selain untuk alasan estetis, pemolesan membantu menghilangkan plak dan noda yang menempel pada permukaan gigi. Proses pemolesan ini sering melibatkan penggunaan pasta gigi abrasif khusus yang membantu memutihkan gigi.

3. Superficial Polishing

Proses perawatan pemolesan gigi yang satu ini hanya berfokus pada bagian mahkota gigi, yaitu bagian yang tampak di atas permukaan gusi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan estetika penampilan gigi tanpa mempertimbangkan akar gigi.

4. Selective Polishing

Jenis pemolesan gigi yang selektif digunakan untuk menghilangkan noda atau perubahan warna yang muncul setelah scaling atau prosedur perawatan gigi lainnya. Tujuannya adalah memperbaiki penampilan gigi dengan menghilangkan noda yang tersisa.

Prosedur Polishing Gigi

Sebelum menjalani prosedur pemolesan gigi, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi gigi dan mulut pasien. Jika terdapat penumpukan karang gigi, biasanya dokter akan merekomendasikan prosedur scaling gigi. Setelah proses scaling selesai dan gigi bebas dari karang gigi, dokter baru akan melanjutkan dengan prosedur polishing gigi.

Pada tahap ini, dokter akan memanfaatkan alat bor yang dilengkapi dengan ujung karet, yang umumnya disebut sebagai rubber cup.

Selama prosedur pemolesan gigi, dokter akan mengoleskan bahan atau larutan abrasif pada gigi dan kemudian meratakan dengan bantuan rubber cup yang berputar dengan kecepatan rendah. Dalam beberapa situasi tertentu, dokter juga bisa memilih untuk menggunakan teknik air polishing. Metode ini mengkombinasikan air, tekanan udara, dan bahan abrasif untuk memoles gigi. Teknik ini terutama berguna untuk membersihkan area gigi yang sulit dijangkau menggunakan rubber cup. Selain itu, air polishing juga dapat membantu pasien yang mengalami sensitivitas gigi atau sedang dalam perawatan kawat gigi.

Keseluruhan prosedur pemolesan gigi biasanya memakan waktu sekitar 30 hingga 120 menit, tergantung pada tingkat keparahan kondisi gigi pasien.

Biaya Polishing Gigi

Polishing gigi biasanya dilakukan dalam satu rangkaian dengan berbagai jenis perawatan gigi lainnya atau disertakan dalam paket perawatan khusus. Biaya yang diperlukan untuk prosedur pemolesan gigi berkisar antara Rp400.000 hingga Rp900.000. Penting untuk diingat bahwa biaya pemolesan gigi dapat bervariasi tergantung pada lokasi praktek dokter gigi dan fasilitas yang digunakan, serta jenis perawatan yang dilibatkan.

Itu sebabnya, sangat dianjurkan bagi kamu untuk memahami dengan jelas apa saja yang termasuk dalam perawatan pemolesan gigi yang dipilih dan memastikan bahwa perawatan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Manfaat Polishing Gigi

Manfaat Polishing Gigi

Sebuah tinjauan klinis yang dilakukan pada tahun 2018, melansir Healthline, yang menggabungkan berbagai penelitian, menyimpulkan bahwa melakukan polishing secara rutin saja belum tentu dapat mencegah penyakit gusi. Meskipun begitu, studi yang sama juga mencatat bahwa orang yang menjalani prosedur ini memiliki penumpukan plak yang jauh lebih sedikit pada gigi mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari polishing gigi yang bisa jadi pertimbanganmu:

  • Efektif dalam menghilangkan noda-noda eksogen, seperti yang disebabkan oleh makanan, minuman, kebersihan gigi yang kurang baik, atau kebiasaan merokok
  • Dapat menghambat perkembangan plak pada gigi yang berperan dalam pembusukan dan pembentukan gigi berlubang
  • Meningkatkan penampilan gigi, yang pada gilirannya dapat membantu memulihkan rasa percaya diri
  • Berpotensi membantu mencegah pembentukan bakteri pada akar gigi yang terbuka.

Klinik Gigi Terbaik

Dalam hal mencari klinik gigi terbaik, kamu perlu memastikan kebersihan dan kualitas dari klinik gigi, serta bagaimana kemampuan mereka dalam menangani pasien. Untuk itu, berikut ini rekomendasi klinik Putih Dental, yang mampu melakukan prosedur polishing gigi dengan bantuan dokter gigi yang mumpuni di bidangnya.

Jl. Pantai Indah Utara 2 No.2, RT.2/RW.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Jl. Puri Kembang Timur No.39, RT.1/RW.5, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Itulah informasi dan penjelasan lengkap mengenai apa itu polishing gigi, jenis polishing gigi, prosedur polishing gigi, biaya polishing gigi, manfaat polishing gigi, sampai rekomendasi klinik gigi terbaik yang bisa kamu tuju. Memahami dan mencari tahu lebih dalam mengenai perawatan gigi merupakan hal wajib dilakukan sebelum kamu melakukan tindakan apapun. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.