Penyebab Pipi Bengkak Karena Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Pembengkakan pipi karena sakit gigi bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal ini juga bisa jadi menyusahkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, juga mempengaruhi penampilan. Ada banyak kemungkinan penyebab pipi bengkak, dan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengevaluasi pipi, wajah, rongga mulut termasuk gigi dan gusi untuk menentukan sumber pembengkakan.

Ketika pipi bengkak karena sakit gigi, kamu mungkin akan langsung bertanya-tanya tentang penyebab yang mendasarinya dan cara terbaik untuk mengatasi. Oleh sebab itu, simak penyebab pipi bengkak karena sakit gigi dan cara mengatasinya dari Putih Dental berikut ini.

Penyebab Pipi Bengkak Karena Sakit Gigi

Ada berbagai faktor yang berkontribusi pada pembengkakan gigi. Dilansir Alodokter, berikut ini berbagai penyebab pipi bengkak karena sakit gigi.

1. Infeksi

Salah satu penyebab pembengkakan pipi adalah infeksi, baik oleh virus maupun bakteri. Contohnya, gondongan disebabkan oleh infeksi virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah dalam pipi.

Pembengkakan dapat terjadi pada satu atau kedua pipi, dan penyakit ini biasanya mereda dalam beberapa hari. Infeksi bakteri pada kelenjar ludah juga bisa menyebabkan pembengkakan dan nanah di sekitar kelenjar, dikenal sebagai sialadenitis.

2. Masalah Gigi dan Gusi

Pipi bengkak bisa mengindikasikan abses gigi, di mana nanah berkumpul sekitar gigi dan gusi karena infeksi bakteri. Tanpa pengobatan, abses gigi dapat mengakibatkan kehilangan gigi dan penyebaran infeksi ke organ lain.

Selain itu, gangguan pada gusi juga dapat menyebabkan pipi bengkak, seperti perikoronitis, di mana peradangan terjadi di sekitar gigi bungsu, disertai nanah, pembengkakan, dan rasa nyeri di gusi dan pipi.

3. Batu di Air Liur

Sialolithiasis adalah kondisi di mana air liur mengendap dan membentuk batu. Ini bisa menghambat saluran air liur dan menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada pipi.

4. Alergi

Pembengkakan pipi bisa merupakan gejala reaksi alergi. Pada kasus alergi parah, seperti syok anafilaktik, pembengkakan bisa terjadi pada pipi, lidah, dan tenggorokan, bahkan mengganggu pernapasan.

5. Gangguan Hormon

Pipi bengkak bisa terjadi karena masalah hormon seperti hipotiroidisme, yaitu kurangnya hormon tiroid yang menyebabkan gejala seperti sensitivitas terhadap suhu dingin, kenaikan berat badan, dan kelelahan.

Selain itu, sindrom Cushing, yang terjadi saat tubuh memproduksi hormon kortisol berlebihan juga dapat menyebabkan pembengkakan pipi dan bagian tubuh lainnya, dengan gejala seperti tekanan darah tinggi, kulit tipis, dan penambahan berat badan. Sindrom Cushing seringkali berkaitan dengan penggunaan jangka panjang obat kortikosteroid.

6. Tumor Kelenjar Ludah

Pembengkakan pada kelenjar ludah dapat menandakan adanya tumor, baik jinak maupun ganas. Kanker kelenjar ludah adalah bentuk ganas dari tumor ini dan bisa menunjukkan gejala seperti benjolan keras atau lunak di pipi, nyeri, dan bahkan mati rasa atau kelumpuhan di area wajah.

Penting untuk mengidentifikasi penyebab potensial pembengkakan pipi dan berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Kondisi medis yang beragam bisa menyebabkan gejala ini, dan tindakan medis diperlukan untuk mengatasi masalah ini dengan baik.

Cara Mengatasi Pipi Bengkak Karena Sakit Gigi

Sebelum ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, kamu bisa melakukan beberapa pengobatan sederhana di rumah untuk masalah pipi bengkak karena sakit gigi. Simak cara mengatasi pipi bengkak karena sakit gigi di bawah ini.

• Kumur Air Garam: Berkumur dengan campuran air garam hangat dapat meredakan pembengkakan, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan kesehatan gusi. Campur ½ sendok teh garam dengan ½ gelas air, kumur selama 2 menit, tiga kali sehari.
  • Oleskan Bawang Putih: Bawang putih memiliki kandungan yang dapat meredakan nyeri dan membunuh bakteri. Haluskan bawang putih, oleskan pada area yang bengkak beberapa kali sehari.
  • Kumur dengan Baking Soda: Campuran baking soda, air, dan sedikit garam dapat membantu menghilangkan plak dan meredakan pembengkakan. Kumur dengan campuran ini dua kali sehari selama 5 menit.
  • Kompres Air Dingin: Kompres dingin membantu mengurangi pembengkakan dan sakit gigi. Tempelkan es batu yang dibungkus handuk bersih selama 15 menit, beberapa kali sehari.
  • Antibiotik: Antibiotik bisa membantu mengatasi infeksi yang menyebabkan bengkak. Konsumsi sesuai resep dokter.
  • Pembersihan Gigi dan Gusi: Dokter dapat membersihkan gigi dan gusi untuk mengatasi pembengkakan akibat benda asing.
  • Cabut Gigi: Jika kerusakan gigi parah, gigi mungkin perlu dicabut. Proses drainase bisa dilakukan setelah pencabutan gigi.

Itulah tadi penjelasan dan informasi lengkap mengenai penyebab pipi bengkak karena sakit gigi. Intinya, penting untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi sejak dini dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari dan melakukan konsultasi ke dokter gigi minimal dua kali setahun. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu, ya.