8 Penyebab Gusi Hitam dan Cara Mengatasi Gusi Hitam

8 Penyebab Gusi Hitam dan Cara Mengatasi Gusi Hitam

Pada umumnya, gusi manusia memiliki warna alami merah hingga merah muda. Namun, beberapa orang memiliki gusi berwarna kecoklatan bahkan lebih gelap lagi karena pigmen melanin alami. Sementara ada juga yang memiliki gusi hitam sejak lahir dikarenakan sang Ibu ketika mengandung mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Gusi hitam sejak lahir tentu berbeda dengan gusi hitam ketika sudah dewasa, begitu juga dengan cara penanganannya.

Oleh karena itu, di artikel Klinik Gigi PUTIH Dental kali ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai penyebab gusi hitam, cara mengatasi gusi hitam, dan klinik gusi untuk mengatasi gusi hitam yang perlu kamu tahu. Baca penjelasannya sampai selesai untuk mendapat edukasi yang paling tepat, ya.

Penyebab Gusi Hitam

Ketika kamu mengalami gusi hitam, penting untuk mengetahui penyebabnya agar kamu bisa sebisa mungkin menghindari untuk melakukan penyebab tersebut. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gusi seseorang, khususnya menjadi hitam. Untuk lebih jelasnya, simak penyebab gusi hitam di bawah ini.

1. Kebersihan Mulut yang Buruk

Kebersihan mulut yang buruk, seperti tidak menyikat atau membersihkan gigi setiap hari, dapat menyebabkan penumpukan plak dan karang gigi di dekat gusi yang mengakibatkan perubahan warna gusi dan memicu penyakit gusi. Kamu bisa jadi memerlukan pembersihan gigi mendalam untuk menghilangkan plak atau karang gigi yang berlebihan.

2. Merokok

Gusi perokok seringkali mengalami perubahan warna, terutama pada bagian depan rahang atas. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat merangsang sel-sel dalam gusi untuk menghasilkan melanin, yang merupakan pigmen yang memberikan warna pada kulit dan jaringan. Oleh karena itu, perubahan warna gusi ini dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok. Namun, menghentikan kebiasaan merokok dapat membantu mengurangi perubahan warna ini.

3. Efek Obat-obatan dalam Jangka Panjang

Beberapa obat-obatan, seperti chloroquine, quinine, minocycline, zidovudine, chlorpromazine, ketoconazole, bleomycin, dan cyclophosphamide, diketahui dapat memicu perubahan warna pada gusi. Obat-obatan tersebut mungkin meningkatkan produksi melanin dalam gusi, yang dapat mengakibatkan gusi menghitam. Minocycline, misalnya, juga dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir. Penting untuk memahami efek samping obat-obatan yang dikonsumsi dan berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami perubahan warna pada gusi.

4. Penyakit Endokrin

Beberapa kondisi medis, seperti Addison’s disease, Albright’s syndrome, akromegali, dan Nelson’s syndrome, juga dapat berkontribusi pada perubahan warna gusi. Ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh akibat penyakit-penyakit tersebut. Dalam kasus ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendiagnosis dan mengelola penyakit yang mendasari, yang mungkin juga membantu mengatasi perubahan warna gusi.

5. Paparan Logam Berat

Logam seperti timah, bismuth, merkuri, silver, arsenik, dan emas dapat berkontribusi pada perubahan warna gusi menjadi hitam. Contohnya, pada anak-anak, kontaminasi timah dalam air minum atau paparan cat yang mengandung logam tersebut dapat menghasilkan garis hitam atau biru sepanjang garis gusi. Tindakan perlu diambil untuk mencegah dampak sistemik yang mungkin timbul akibat keracunan logam tersebut.

6. Penyakit Kaposi Sarcoma

Penyakit Kaposi sarcoma, yang sering kali terkait dengan infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV), dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh. Namun, bagian langit-langit mulut terutama cenderung menghitam. Luka-luka di dalam mulut yang melibatkan seluruh bagian gusi juga dapat terjadi.

7. Bekas Luka Akibat Infeksi di Mulut

Penyembuhan luka dari penyakit seperti lichen planus yang telah berlangsung lama di dalam mulut dapat mengakibatkan perubahan warna hitam pada gusi. Kondisi ini lebih umum terjadi pada individu dengan warna kulit yang lebih gelap karena produksi melanin yang lebih tinggi pada permukaan gusi.

8. Hemangioma

Hemangioma adalah suatu gangguan pada pembuluh darah, sering kali berupa tumor hamartoma, yang biasanya muncul pada masa kanak-kanak. Pada orang dewasa, gangguan pembuluh darah ini dapat tampak kemerahan jika berada dekat dengan permukaan kulit. Namun, jika terletak lebih dalam di dalam gusi, mereka dapat tampak berwarna hitam.

Dalam semua situasi, jika kamu mengalami perubahan warna gusi yang tidak biasa, konsultasikan dengan profesional medis. Mereka dapat membantu kamu menganalisis penyebabnya dan memberikan perawatan atau saran yang sesuai.

Cara Mengatasi Gusi Hitam

8 Penyebab Gusi Hitam dan Cara Mengatasi Gusi Hitam

Dalam dunia kedokteran gigi yang semakin maju, sekarang ada beberapa pilihan perawatan untuk mengatasi gigi hitam, di antaranya:

  • Perawatan Bedah dengan Pisau Bedah: Metode ini melibatkan pengambilan lapisan pigmen yang membuat gusi terlihat coklat atau hitam. Meskipun masih menggunakan pisau bedah konvensional, proses penyembuhannya sangat baik dan lebih ekonomis dibandingkan dengan teknik lainnya.
  • Perawatan Bedah dengan Bur Abrasi: Ini melibatkan pengambilan lapisan pigmen gusi menggunakan peralatan yang lebih sederhana dan aman. Namun, perlu akurasi yang tinggi dalam mengatur kedalaman pengambilan jaringan gusi.
  • Perawatan Electrosurgery: Metode ini umumnya tersedia di klinik modern. Ini adalah kombinasi antara bedah dan elektro yang menggunakan panas listrik untuk mengatasi masalah warna gusi. Ini mengontrol perdarahan dengan baik dan memberikan hasil penyembuhan yang baik.
  • Perawatan Bedah Krio (Cryosurgery): Teknik ini melibatkan pembekuan jaringan gusi yang berwarna gelap menggunakan nitrogen cair, mengubah warnanya. Keuntungannya adalah proses cepat, tanpa bius atau jahitan, dan minim perdarahan. Namun, sulit untuk memprediksi kedalaman kerusakan gusi.
  • Perawatan Laser: Perawatan laser adalah solusi modern yang efektif dan nyaman. Meskipun penyembuhan mungkin memakan waktu, laser mengendalikan perdarahan dengan baik dan meminimalkan kerusakan jaringan di bawah gusi, memberikan kenyamanan pasien yang lebih baik.

Baca Juga: Cara Agar Gigi Putih Secara Alami dengan Mudah

Klinik Gigi untuk Mengatasi Masalah Gusi

8 Penyebab Gusi Hitam dan Cara Mengatasi Gusi Hitam

Gusi yang menghitam memang bisa mempengaruhi penampilan seseorang. Oleh sebab itu, berikut ini rekomendasi klinik gigi untuk mengatasi masalah gigi yang bisa jadi referensi:

Jl. Pantai Indah Utara 2 No.2, RT.2/RW.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Jl. Puri Kembang Timur No.39, RT.1/RW.5, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Itulah informasi lengkap mengenai penyebab gusi hitam, cara mengatasi gusi hitam, sekaligus rekomendasi klinik gigi untuk mengatasi masalah gusi. Penting untuk diingat bahwa jika perubahan warna gusi disertai gejala lain yang tidak biasa, perlu segera berkonsultasi dengan dokter, karena bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi, gusi, dan mulut, ya.