5 Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasinya

Kalau kamu termasuk memiliki gigi kuning dan ingin memulihkannya, sekarang ini sudah banyak perawatan canggih yang bisa jadi solusi. Namun, kamu tetap harus memperhatikan agar perawatan tersebut tidak menghilangkan email gigi dan meningkatkan sensitivitas pada gigi. Gigi bisa terlihat lebih kuning seiring dengan bertambahnya usia. 

Untuk itu, kamu butuh mengetahui apa saja penyebab gigi kuning dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini Klinik Gigi PUTIH Dental akan menjelaskan padamu penjelasan dan informasi lengkapnya tentang gigi kuning. Simak sampai selesai, ya.

Table of Contents

Penyebab Gigi Kuning

Penyebab Gigi Kuning

Untuk lebih memahami tentang perubahan warna gigi menjadi kuning, kamu perlu mengetahui apa saja penyebab gigi kuning supaya kamu tahu mana makanan atau minuman yang perlu kamu kurangi intensitasnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi kuning yang perlu kamu ketahui.

1. Sering Minum Wine, Kopi atau Teh

Gak bisa dipungkiri, perubahan warna pada gigi adalah dampak dari konsumsi minuman yang berwarna pekat. Faktanya, kopi dan teh memiliki kandungan yang bisa meninggalkan noda di gigi. Seseorang dengan kebiasaan konsumsi wine, kopi atau teh berpotensi lebih besar untuk mengalami perubahan warna gigi menjadi kuning dibanding yang tidak.

2. Makan Buah yang Warnanya Pekat

Blackberry, blueberry, anggur, ceri ataupun buah warna pekat lainnya jika sering dikonsumsi bisa membuat gigi menjadi kuning karena warnanya berhasil masuk ke dalam pori-pori dan enamel gigi. Sebaiknya, batasi konsumsi buah jenis ini untuk mengurangi dampak gigi kuning.

3. Aktif Merokok

Selain memiliki dampak buruk pada kesehatan jantung maupun liver, merokok dapat menyebabkan gigi kuning karena kandungan tembakau di dalamnya.

4. Sering Minum Minuman Bersoda

Minuman soda mengandung tingkat keasaman yang tinggi, yang bisa membuat gigi terkikis maupun berubah warna menjadi kuning jadi lebih cepat. Bukan hanya teh dan kopi, minuman soda juga harus kamu batasi konsumsinya, ya.

5. Sering Mengkonsumsi Permen

Ada banyak jenis permen yang mengandung pewarna buatan. Itu sebabnya, banyak permen yang meninggalkan noda di lidah setelah mengkonsumsinya. Kamu perlu memperhatikan jangan sampai terlalu sering mengkonsumsi permen agar gigi tidak lekas menguning.

Cara Mengatasi Gigi Kuning

Cara Mengatasi Gigi Kuning

Ada berbagai cara mengatasi gigi kuning yang bisa kamu lakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut daftarnya:

  • Baking soda: Baking soda memiliki sifat pemutih alami dan sering digunakan dalam pasta gigi. Penelitian di The Journal of Clinical Dentistry menemukan bahwa pasta gigi dengan baking soda lebih efektif menghilangkan noda kuning. Baking soda bersifat abrasif ringan, membersihkan noda di permukaan gigi, dan bisa mencegah pertumbuhan bakteri. Caranya adalah mencampur satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air, kemudian menyikat gigi dengan larutan ini beberapa kali seminggu.

  • Lemon: Asam dalam lemon, seperti pada stroberi, dapat mengikis bakteri penyebab gigi kuning. PH sitrus ini juga berkontribusi pada kesehatan gigi dan mulut. Perasan satu buah lemon dicampur dengan satu sendok teh baking soda dapat digunakan sebagai larutan untuk menyikat gigi. Setelah menyikat, kumur hingga bersih.

  • Minyak Kelapa: Minyak kelapa dipercaya bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Oleskan minyak kelapa pada gigi yang sudah disikat dan biarkan selama 20 menit sebelum berkumur.

  • Bubuk kunyit: Kunyit dapat menghilangkan bakteri dan mencerahkan gigi. Basahkan sikat gigi, balurkan bubuk kunyit, gosok gigi seperti biasa selama lima menit, dan kumur hingga bersih. Selanjutnya, sikat gigi menggunakan pasta gigi biasa.

  • Cuka apel: Larutan cuka apel mengandung asam asetat, magnesium, dan potasium yang membantu menghilangkan kotoran penyebab gigi kuning. Campur satu sendok cuka apel dengan satu sendok air matang, celupkan sikat gigi, gosok merata pada gigi, dan kumur hingga bersih.

Perlu diingat bahwa cara di atas harus dilakukan dengan ketekunan dan konsistensi untuk bisa mendapatkan hasil yang terlihat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan gigi seperti veneer gigi di klinik gigi kesayangan untuk sekaligus berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatan gigi dan mana perawatan gigi yang paling cocok. 

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang penyebab gigi kuning dan cara mengatasinya. Alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke klinik gigi paling tidak dua kali dalam setahun agar kesehatan gigi tetap terjaga.