8 Pemutih Gigi Terbaik 2023

Semua orang pasti mendambakan keadaan gigi yang bersih dan sehat. Untuk warnanya sendiri, sebagian orang bahkan rela merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan perawatan pemutihan gigi. Hal itu bukan hanya untuk membuat warna gigi menjadi lebih putih bersinar, tapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka ketika bertemu dengan orang lain. Makanya, sekarang ini perawatan warna gigi begitu terkenal dan diminati walaupun harganya cenderung mahal.

Kamu yang sedang bermasalah dengan gigi kuning, artikel ini bisa jadi tepat buatmu. Di penjelasan berikut, Klinik Gigi PUTIH Dental akan memberitahumu tentang penyebab gigi kuning, cara memilih pemutih gigi, pemutih gigi terbaik, sampai rekomendasi klinik gigi yang bisa kamu tuju, baca artikel ini sampai selesai, ya.

Penyebab Gigi Kuning

Ada beberapa penyebab umum mengapa gigi menguning. Simak penyebabnya di bawah ini:

  • Gigi yang Tidak Bersih

Salah satu penyebab utama gigi mengalami noda adalah akumulasi plak. Plak dapat terbentuk dari berbagai sumber, termasuk sisa makanan yang tidak dibersihkan dan pengendapan ludah yang terus-menerus bertambah. Ketika waktu berlalu dan kamu tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik, plak akan semakin mengental dan menumpuk pada permukaan gigi dan gusi.

Pastikan untuk menjaga kebersihan gigi dengan rajin, yaitu dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari, menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari, dan berkumur dengan obat kumur antiseptik untuk menghilangkan bakteri serta mencegah pembentukan plak dan tartar.

  • Kerusakan Email Gigi atau Enamel

Gigi menguning seiring dengan bertambahnya usia karena lapisan email gigi secara alami mengalami pelemahan. Ini menyebabkan penampakan dentin yang berwarna lebih gelap di bawahnya, memberikan gigi warna yang tidak merata. Meskipun proses ini adalah hal yang normal, kamu bisa memperlambatnya dengan menjaga kesehatan gigi secara baik.

Kamu bisa menghindari kerusakan email ini dengan cara menghindari menghisap minuman yang mengandung asam melalui sedotan, sehingga asam tidak langsung bersentuhan dengan gigi. Lebih baik lagi, mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar asam tinggi.

  • Kebiasaan Minum Kopi dan Teh

Minuman seperti kopi dan teh mengandung senyawa yang dapat mengubah warna gigi. Kandungan tanin dalam kopi dan teh, khususnya dalam teh, dapat menyebabkan gigi menguning. Tanin akan melekat pada lapisan luar gigi dan secara perlahan mengubah warnanya menjadi kuning. Pada gigi yang permukaannya tidak rata, perubahan warna ini akan menjadi lebih terlihat dan mencolok. Faktanya, kadar tanin dalam teh jauh lebih tinggi daripada dalam kopi, sehingga teh dapat lebih cepat menyebabkan gigi menguning.

  • Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan pernapasan, tetapi juga merupakan penyebab umum gigi menguning. Kandungan nikotin dan tar dalam rokok mudah menempel pada gigi dan akumulasi lama kelamaan akan menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning. Bagi perokok berat, perubahan warna gigi ini dapat terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Efeknya bisa lebih parah jika seseorang merokok secara teratur selama bertahun-tahun.

  • Fluoride dan Penggunaan Obat Kumur yang Berlebihan

Meskipun fluoride yang terdapat dalam pasta gigi bermanfaat untuk melindungi gigi dan menjaga kebersihannya, penggunaan fluoride yang berlebihan dapat meningkatkan risiko gigi menguning. Kelebihan fluoride dapat menghasilkan kondisi yang disebut fluorosis, yang menyebabkan gigi menguning. Selain fluoride, obat kumur yang mengandung bahan kimia asam juga bisa menyebabkan gigi menguning jika digunakan secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh efek asam dalam obat kumur. Jika penggunaannya berlebihan, gigi dapat menguning secara perlahan.

  • Obat-obatan dan Antibiotik

Terdapat jenis obat-obatan dan antibiotik tertentu, seperti tetracycline dan doxycycline, yang dapat menyebabkan gigi menguning. Beberapa jenis obat alergi dan tekanan darah juga memiliki efek serupa. Oleh karena itu, selalu mengikuti anjuran dari dokter untuk menghindari konsumsi obat-obatan dalam jumlah berlebihan.

Cara Memilih Pemutih Gigi

Ketika memilih produk pemutih gigi terbaik, pastikan produk tersebut mengandung bahan abrasif yang aman untuk menghilangkan noda dan plak pada gigi. Bahan abrasif yang umum digunakan dalam prosedur pemutihan gigi dan dianggap aman meliputi silika, kalsium karbonat, atau karbamid peroksida. Ada beberapa tipe pemutih gigi, di antaranya:

  • Pemutih gigi tipe bubuk: Bubuk pemutih gigi dapat dicampur dengan pasta gigi saat menyikat gigi atau digunakan secara terpisah setelah menyikat gigi
  • Pemutih gigi tipe pena: Pena pemutih gigi dapat langsung diaplikasikan pada permukaan gigi untuk menghilangkan noda yang menempel
  • Pemutih gigi tipe busa: Busa pemutih gigi dapat digunakan dengan mudah seperti pasta gigi biasa tanpa perlu tambahan air

Pemutih Gigi Terbaik

Dilansir Hellosehat, berikut ini beberapa rekomendasi pemutih gigi terbaik yang bisa kamu pilih:

1. Breylee Teeth Whitening Powder

Bubuk pemutih gigi ini menggunakan Pearl Essence untuk membersihkan noda gigi dan mengandung kalsium dari ekstrak mutiara untuk memperkuat gigi. Kandungan menthol dan ekstrak daun mint juga menjaga kesegaran mulut.

2. Breylee Teeth Whitening Pen

Pena pemutih gigi ini mengandung karbamid peroksida yang membantu mengubah warna enamel gigi. Penggunaannya praktis, cukup diaplikasikan pada gigi dan dibiarkan selama 20 menit, dua kali sehari selama tujuh hari.

3. Odbo Tooth Cleaning Foam

Produk ini membantu menghilangkan noda gigi akibat rokok, teh, atau kopi dengan mengandung asam sitrat. Selain itu, mengandung xylitol dan menthol untuk menjaga kesehatan mulut.

4. Lanbena Teeth Whitening Powder

Bubuk pemutih gigi ini mengandung ekstrak mutiara dan baking soda untuk mencerahkan gigi. Sensasi lemon-lime dan mint memberikan kesegaran pada mulut.

5. Lanbena Teeth Whitening Pen

Produk ini praktis dan efektif dalam mencerahkan gigi. Cukup oleskan serum dengan sikat yang ada pada pena dua kali sehari.

6. Versident Shining Bright Teeth

Busa pemutih gigi ini mengandung ekstrak daun sirih dan minyak cengkeh yang memiliki sifat antibakteri. Selain itu, mengandung sodium fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

7. Newlab Teeth Whitening Pen

Produk ini mengandung bahan abrasif phthalimido peroxycaproic acid (PAP) yang aman dan efektif dalam memutihkan gigi. Dalam paket penjualannya, dilengkapi dengan panduan teeth shade untuk memantau perubahan warna gigi.

8. Newlab Minty Charcoal Powder

Bubuk pemutih gigi ini mengandung arang aktif, baking soda, green tea extract, peppermint, dan kaolin clay. Penggunaan rutin setelah menyikat gigi dapat meningkatkan warna gigi hingga tiga tingkat lebih cerah dalam dua minggu.

Semua produk di atas sudah mendapatkan nomor registrasi BPOM RI, sehingga aman digunakan untuk merawat gigi.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Memutihkan Gigi

Dalam memilih klinik gigi untuk memutihkan gigi, kamu gak boleh sembarangan karena harus memperhatikan kualitas dan kebersihannya. Tidak perlu bingung lagi, berikut ini rekomendasi cabang Klinik Gigi PUTIH Dental yang bisa kamu tuju:

Jl. Pantai Indah Utara 2 No.2, RT.2/RW.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Jl. Puri Kembang Timur No.39, RT.1/RW.5, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Itulah informasi dan penjelasan mengenai pemutih gigi, cara memilih pemutih gigi, hingga penyebab mengapa gigi menguning. Terus perhatikan kesehatan gigi dan mulut agar gigi tetap sehat dan bersih. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun dan rutin melakukan pembersihan plak gigi, ya.