10 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Terpercaya

10 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Terpercaya

Ketika anak sakit gigi, orangtua terkadang bingung harus memilih obat sakit gigi anak yang tepat dan aman dikonsumsi. Sakit gigi pada anak tentu saja menyebabkan ketidaknyamanan bagi mereka, sehingga harus segera ditangani. 

Mari kita cari tahu lebih lanjut rekomendasi obat sakit gigi untuk anak, baik obat yang bisa ditemukan di apotek, juga obat berbahan alami yang dapat dicoba di rumah. Yuk, simak ulasannya di bawah ini! 

Penyebab Anak Mengalami Sakit Gigi

Penyebab Anak Mengalami Sakit Gigi

Dilansir dari Seattle Children’s Hospital, penyebab sakit gigi pada anak tidak jauh berbeda dengan orang dewasa, meliputi: 

  • Kerusakan gigi, yang biasanya ditandai dengan nyeri yang berlangsung lebih dari sehari. 
  • Abses gigi, yang terjadi jika nyeri sangat hebat dan berdenyut-denyut, menandakan bahwa pembusukan telah mencapai tingkat di mana terbentuknya kantong nanah di dalam akar gigi.
  • Retakan pada enamel gigi dapat terjadi akibat menggigit benda keras. Gigi yang retak bisa menjadi sensitif terhadap suhu cairan panas dan dingin, meskipun dari luar gigi tampak normal.
  • Penyakit gusi, atau gingivitis, ditandai dengan gusi yang teriritasi dan berwarna merah.
  • Makanan yang terselip di antara gigi dapat menyebabkan rasa sakit serta gigi berlubang.

Baca Juga: Cabut Gigi: Penyebab, Biaya dan Prosedurnya

Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Terpercaya

Ketika anak sakit gigi, kamu membutuhkan pertolongan pertama di rumah sebelum membawanya ke dokter. Berikut ini pilihan obat sakit gigi anak yang aman untuk si kecil:

1. Parasetamol

Salah satu obat yang umum digunakan untuk meredakan sakit gigi adalah parasetamol. Parasetamol tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi nyeri gigi, tetapi juga efektif untuk mengatasi gejala seperti nyeri gusi, sakit kepala, demam, dan meriang yang sering terjadi bersamaan dengan masalah gigi. 

Obat ini dapat diperoleh tanpa resep dokter, tapi penting untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan atau berkonsultasi dengan apoteker. 

Dosis parasetamol untuk bayi usia 2-3 bulan berbeda dengan anak yang lebih tua, dan dapat diberikan sebagai pereda sakit gigi pada bayi yang lahir setelah usia 37 minggu dengan berat badan lebih dari 4 kilogram.

2. Ibuprofen 

Selain parasetamol, obat sakit gigi untuk anak lainnya adalah ibuprofen. Ibuprofen termasuk dalam golongan obat anti nyeri yang bekerja untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Anak dapat menggunakan ibuprofen mulai dari usia 3 bulan jika berat badannya sudah mencapai 5 kilogram atau lebih.

Namun, perlu dihindari jika anak memiliki masalah asma, ginjal, hati, gangguan pembekuan darah, dan selalu konsultasikan dosis yang tepat dengan dokter. 

3. Menggunakan Floss Gigi

Selain pendekatan medis, orangtua juga dapat memberikan perawatan alami dengan membersihkan gigi anak menggunakan dental floss alias benang gigi.  

Tindakan ini dapat membantu menghilangkan sisa makanan di antara gigi dengan lembut. 

4. Berkumur Air Hangat

Solusi alami lainnya adalah berkumur dengan air garam hangat. Campuran satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat dapat membantu membunuh bakteri di sekitar area gigi yang sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Menggunakan Kompres Dingin

Penggunaan kompres dingin juga dapat membantu meredakan sakit gigi pada anak. Cukup oleskan kompres dingin pada bagian luar pipi yang sakit atau bengkak selama 15 menit.

6. Menggunakan Bawang Putih

Mengompres dengan bawang putih juga dapat menjadi alternatif. Meskipun demikian, perlu diingat untuk tidak memaksakan jika anak merasa tidak nyaman.

7. Naproxen

Sebelum memberikan obat ini ke anak, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter, terutama jika anak sedang mengonsumsi obat lain. 

Hal ini dikarenakan naproxen dapat berinteraksi secara kontradiktif dengan beberapa jenis obat, yang dapat mengurangi efektivitasnya atau bahkan meningkatkan risiko efek samping yang lebih serius. 

Dengan berkonsultasi terlebih dahulu, dokter dapat memberikan panduan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan dan obat-obatan yang mungkin telah dikonsumsi oleh anak.

8. Berkumur Air Garam

Air garam memiliki manfaat sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi pada anak, terutama dalam mengatasi radang gusi. 

Berkumur dengan larutan air garam tidak hanya membantu menghilangkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi, tetapi juga efektif membunuh bakteri penyebab plak.

Untuk membuat larutan air garam, cukup larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Anjurkan anak untuk berkumur dengan larutan ini selama beberapa detik, hindari menelan airnya.

9. Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh juga dikenal sebagai obat alami yang efektif untuk meredakan sakit gigi pada anak. Minyak cengkeh mengandung eugenol, suatu senyawa yang memiliki sifat antiseptik alami dan mampu mengurangi rasa sakit serta peradangan. 

Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan merendam bola kapas ke dalam minyak cengkeh, lalu mengoleskannya pada daerah gigi yang terasa sakit secara rutin setiap hari.

Alternatif lainnya adalah menambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam segelas air dan meminta anak untuk berkumur dengan larutan tersebut.

Perlu diingat, waspadai potensi risiko iritasi pada mata setelah kontak dengan cengkeh. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci tangan dengan teliti setelah menggunakan minyak cengkeh.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai obat sakit gigi anak yang aman. Perhatikan obat yang kamu pilih, serta sesuaikan dengan usia dan kebutuhan anak, ya. 

Saat anak mengalami sakit gigi, bawa ia ke Klinik Gigi PUTIH Dental untuk mendapatkan penanganan dari dokter terpercaya.