Kapan Kamu Memerlukan Dental Spa

Sudah pernah mendengar tentang dental spa? Dental spa adalah perawatan pembersihan gigi dan gusi secara menyeluruh yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Tidak hanya itu, dental spa juga dapat mengembalikan estetika gigi sehingga dapat membuatmu tampil lebih percaya diri. Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa prosedur ini dinamakan dental spa? Awalnya, prosedur dental spa memang dipadukan dengan layanan spa pada tubuh. Tujuannya untuk membuat pasien lebih rileks dan tidak takut lagi untuk datang ke dokter gigi.

Saat ini, dental spa memiliki layanan yang bervariasi tergantung tempat klinik gigi yang kamu datangi. Namun, pada umumnya prosedur dental spa ditujukan untuk membuat pasien lebih rileks dan nyaman sehingga akan dimulai dengan pemeriksaan gigi, gusi, dan mulut terlebih dahulu. Dokter akan mengecek kondisi kesehatan gigi dan mulut pasien untuk merekomendasikan perawatan yang sesuai.

Prosedur yang paling umum dalam dental spa mencakup pembersihan karang gigi dan stain removal. Setelah selesai memeriksa kondisi gigi, gusi, dan mulut, dokter akan melakukan prosedur scaling gigi. Scaling gigi berfungsi untuk membersihkan karang gigi yang terbentuk dari sisa makanan yang tidak bisa dibersihkan dengan menggosok gigi. Kemudian, dokter gigi akan melakukan pembersihan noda pada gigi. Fungsinya adalah untuk menghilangkan warna kuning yang disebabkan dari gaya hidup dan makanan yang sering dikonsumsi sehingga merubah warna gigi.

Pada prosedur dental spa, dokter gigi juga akan memberikan konsultasi terhadap kesehatan gigi dan mulut pasien. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan oleh dokter gigi seputar kebiasaan yang kamu lakukan untuk merawat gigi dan mencegah masalah pada gigi. Kemudian, dokter gigi akan merekomendasikan perawatan lain yang mungkin kamu butuhkan, seperti tambal gigi, perawatan saluran akar, hingga bleaching. Hal ini akan disesuaikan dengan kondisi gigi serta kebutuhanmu.

Lantas, kapan saat yang tepat untuk melakukan dental spa? Simak 4 hal berikut, jangan-jangan ini saatnya kamu memerlukan dental spa!

Table of Contents

1. Saat terbentuk plak dan karang gigi

Coba cek kondisi gigimu, apakah terdapat lapisan lengket berwarna kuning yang menutupi bagian gigi? Bisa jadi pada gigi telah terbentuk plak dari sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. Plak dapat terbentuk dalam 1-2 hari jika kamu tidak menyikat gigi. Awalnya, plak tidak terlihat atau transparan, namun lama-lama plak yang menumpuk dapat berubah warna menjadi putih, kemudian kuning.

Plak pada gigi yang dibiarkan dalam waktu lama akan menjadi karang gigi. Karang gigi merupakan plak yang menebal dan mengeras. Jika sudah menjadi karang gigi, warnanya akan berubah menjadi kecoklatan hingga kehitaman. Plak dan karang gigi tidak lagi bisa dibersihkan dengan menggosok gigi.

Karang gigi yang dibiarkan akan menyebabkan kondisi gangguan gigi yang lebih parah, seperti gigi berlubang, gigi goyang, dan gingivitis. Bahkan bakteri yang dibiarkan di mulut dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan penyakit yang lebih serius, seperti gangguan jantung dan stroke. Oleh sebab itu, sejak plak mulai terbentuk, kamu harus segera datang ke dokter gigi. Kamu bisa melakukan prosedur dental spa untuk melakukan pembersihan pada karang gigi dan menghapus noda yang terbentuk karena plak dan karang gigi.

2. Saat terdapat noda pada gigi

Pernah merasa gigimu berubah warna? Akumulasi dari kebiasaan buruk dalam merawat kesehatan gigi dapat membentuk noda pada gigi. Gigi menjadi berwarna kuning hingga kecoklatan. Noda pada gigi dapat terbentuk karena bahan-bahan tertentu yang menumpuk di permukaan luar gigi, Seperti tembakau, minuman beralkohol, dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.

Jika kamu memiliki noda pada gigi, kamu dapat melakukan pembersihan noda yang termasuk dalam rangkaian perawatan dental spa. Jika perubahan warna pada gigi disebabkan noda di permukaan luar, maka gigimu dapat kembali ke warna semula. Melakukan prosedur dental spa juga dapat membantumu melakukan pengecekan terhadap kesehatan gigi. Bisa jadi noda yang ada di gigimu terletak di bagian dalam struktur gigi sehingga memerlukan perawatan lainnya untuk mengembalikan warna gigi.

3.  Saat gigi dan gusi terasa sakit

Sering merasa sakit pada bagian gigi dan gusi, namun tidak yakin tentang masalah yang dialami oleh gigi? Jika kamu merupakan orang yang jarang ke dokter gigi, kamu dapat memulai perawatan dasar lewat dental spa sembari dokter gigi akan mengecek kondisi kesehatan gigi dan gusi. Rasa sakit pada gusi dapat disebabkan oleh infeksi dari bakteri di mulut yang tidak dibersihkan. Sehingga, kamu mungkin saja memerlukan prosedur scaling.

Sementara untuk rasa sakit pada gigi, bisa saja disebabkan gigi berlubang karena gigi dan gusi tidak pernah dibersihkan. Kamu dapat melakukan prosedur dental spa untuk mendapatkan pembersihan pada area gigi dan gusi. Kemudian, kamu juga akan mendapatkan rekomendasi dari dokter untuk perawatan lainnya atau cara membersihkan gigi dan gusi di rumah agar tidak muncul rasa sakit lagi.

4. 6 bulan hingga setahun sekali

Kamu belum memiliki salah satu dari tiga tanda di atas? Meskipun kondisi gigi dan gusi terasa baik-baik saja, merawat kondisi gigi dan gusi perlu dilakukan secara rutin. Pasalnya sikat gigi saja tidak bisa melakukan pembersihan secara menyeluruh pada area-area yang sulit dijangkau. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan menjadi bakteri dan di kemudian hari dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Kamu dianjurkan untuk melakukan dental spa dalam 6 bulan hingga setahun sekali, disesuaikan dengan kondisi kebersihan gigi dan gusi.

Rawat kesehatan gigi dan gusimu dengan mendatangi PUTIH Dental yang terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara atau Puri Kembangan, Jakarta Barat. Cek prosedur dental spa di PUTIH Dental dengan dokter gigi terpercaya berikut https://www.putihdental.com/putih-branches-appointment/