Cara Menyikat Gigi yang Benar dan Tepat

Menyikat gigi setiap hari bukan hanya cara untuk menjaga mulut tetap bersih, tetapi juga merupakan cara untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh. Menyikat gigi dengan benar akan membantu mencegah kerusakan gigi, serta masalah gigi lainnya. 

Ketika seseorang menyikat dengan benar, dia akan mampu menghilangkan penumpukan plak dan bakteri yang dapat terkumpul di sela-sela gigi dan lidah. Hal ini dapat mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan gaya hidup yang lebih sehat.

Umumnya, masyarakat akan direkomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari, selama 2 menit setiap kali. Namun bagaimana cara menyikat gigi yang benar dan tepat? Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahuinya, cara ini tentu dapat dengan mudah dipraktikkan di rumah.

Table of Contents

Cara Menyikat Gigi yang Benar dan Tepat

Sejatinya, kamu dapat mempelajari cara menyikat gigi yang benar dan tepat agar mendapatkan hasil gigi yang bersih tanpa meninggalkan sisa-sisa makanan. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk memilih jenis pasta gigi yang tepat. 

Cobalah untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride yang melindungi gigi dari gigi berlubang dan mencegah kerusakan gigi. Kemudian, basahi sikat gigi dengan air dan oleskan pasta gigi tipis-tipis. Selanjutnya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Mulai dari Belakang

Mulailah dengan gigi geraham atas atau gigi belakang, di salah satu sisi mulut dan lakukan searah jarum jam. Arahkan bulu sikat ke arah garis gusi dengan sudut 45 derajat. Sikatlah dengan gerakan pendek dan melingkar selama kurang lebih 20 detik.

2. Berbalik

Setelah 20 detik, putar kepala sikat menjauh dari garis gusi, sehingga bulu sikat menyapu permukaan gigi untuk menghilangkan plak dan partikel makanan.

3. Lakukan Searah Searah Jarum Jam

Lanjutkan untuk melakukannya searah jarum jam, selesaikan dengan gigi geraham bawah di sisi lain mulut. Setelah itu, ulangi langkah kedua dan ketiga untuk permukaan bagian dalam gigi geraham atas dan bawah.

4. Sikat Bagian Belakang Gigi Depan Atas

Sikatlah bagian lingual, atau permukaan belakang gigi depan bagian atas dengan menggunakan ujung kepala sikat gigi. Arahkan bulu sikat ke arah garis gusi dan gunakan gerakan menjentikkan ke bawah permukaan gigi. Ulangi hal ini dua atau tiga kali untuk pembersihan yang lebih menyeluruh.

5. Sikat Bagian Belakang Gigi Depan Bagian Bawah

Arahkan bulu sikat gigi ke arah garis gusi dan kibaskan bulu sikat gigi ke atas dan menjauhi garis gusi dengan gerakan menyapu. Ulangi langkah ini dua atau tiga kali lagi.

6. Sikat Bagian Permukaan Atas Gigi

Sikat bagian atas, permukaan gigitan gigi premolar atau geraham depan, bagian atas dan bawah, serta gigi geraham dengan gerakan melingkar.

7. Sikat Lidah dan Bagian Dalam Pipi

Gigi bukanlah satu-satunya bagian dalam mulut yang perlu dibersihkan. Lidah, langit-langit mulut, dan bagian dalam pipi Anda juga dapat menyimpan partikel makanan, plak, dan bakteri yang membuat napas menjadi berbau. 

Sama seperti gigi, mereka juga perlu dibersihkan dengan baik. Dengan gerakan melingkar yang lembut, sikatlah lidah, bagian dalam pipi, dan langit-langit mulut secara menyeluruh.

8. Akhiri dengan Berkumur

Setelah proses menyikat gigi selesai, buang sisa-sisa pasta gigi dan air pada mulut. Kemudian, berkumur menggunakan air.

Tips Membersihkan Gigi

Selain menyikat gigi, kamu juga harus membersihkan sela-sela gigi setidaknya sekali dalam sehari dengan benang gigi atau pembersih sela gigi. Flossing adalah bagian yang sangat penting, namun sering diabaikan dari kesehatan gigi dan mulut. Padahal, benang gigi dapat menjangkau celah-celah kecil di antara gigi Anda yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Tak hanya itu, terdapat beberapa tips lainnya untuk membersihkan dan merawat kesehatan gigi dan mulut. Beberapa tips berikut ini dapat kamu lakukan kapan saja dan di mana saja.

  • Sikat gigi dengan benar. Cara menyikat gigi memiliki peranan penting dalam kesehatan gigi dan mulut. Gerakkan sikat gigi dengan gerakan melingkar yang lembut untuk menghilangkan plak. Plak yang tidak dibersihkan dapat mengeras, menyebabkan penumpukan kalkulus dan radang gusi (penyakit gusi dini).
  • Gunakan pasta gigi berfluoride. Pastikan kamu memilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Zat ini merupakan salah satu  barisan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi. Fluoride bekerja dengan cara melawan kuman yang dapat menyebabkan pembusukan, serta memberikan penghalang pelindung untuk gigi.
  • Gunakan obat kumur. Banyak orang melewatkan penggunaan obat kumur karena mereka tidak tahu cara kerjanya. Sejatinya, obat kumur membantu membersihkan gigi dalam tiga cara, yaitu mengurangi jumlah asam dalam mulut, membersihkan area yang sulit disikat di dalam dan di sekitar gusi, dan memineralisasi kembali gigi. Obat kumur berguna sebagai alat tambahan untuk membantu menyeimbangkan semuanya. Penggunaannya dapat membantu melengkapi kemampuan menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang gigi yang mungkin kurang ideal. Kamu dapat bertanya kepada dokter gigi untuk rekomendasi obat kumur yang spesifik. Merek-merek tertentu adalah yang terbaik untuk anak-anak, dan mereka yang memiliki gigi sensitif. Selain itu, obat kumur dengan resep dokter juga tersedia.
  • Minum lebih banyak air. Air tentunya menjadi minuman terbaik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Ahli kesehatan merekomendasikan untuk minum air putih setelah makan. Hal tersebut dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket dan asam di sela-sela sikat gigi.

Konsultasi ke Dokter Gigi

Kebiasaan sehari-hari sangat berdampak kepada kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Sekalipun sudah menyikat gigi dengan benar dan rutin, kamu tetap harus mengunjungi dokter gigi secara teratur. Setidaknya, kamu harus mengunjungi dokter gigi untuk pembersihan dan pemeriksaan dua kali setahun.

Hal ini karena dokter gigi tidak hanya mampu menghilangkan karang gigi dan menangani gigi berlubang, tetapi mereka juga dapat menemukan masalah potensial dan menawarkan solusi perawatan yang tepat. Hal ini akan sangat membantu jika kamu memiliki riwayat masalah gigi, seperti radang gusi atau gigi berlubang.

Untuk mendapatkan perawatan gigi yang maksimal dan berkualitas, kamu dapat mengunjungi Klinik Gigi PUTIH Dental. Klinik ini berlokasi di PIK, Jakarta Utara dan Puri Kembangan, Jakarta Barat yang dapat kamu lihat selengkapnya di sini.

Pastikan kamu memeriksakan gigi dengan dokter gigi terpercaya di PUTIH Dental. Sebab, Klinik Gigi PUTIH Dental memiliki berbagai staf dan dokter yang ramah dan berpengalaman, serta sederet promo perawatan gigi yang akan membuat pengalamanmu ke dokter gigi menjadi lebih menyenangkan!