5 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat dan Tepat

Sakit gigi adalah kondisi yang umum terjadi baik pada anak-anak hingga orang dewasa. Kondisi ini tentu dapat mengganggu kenyamanan karena menimbulkan rasa sakit. Gigi yang sakit juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat makan, minum, berbicara hingga aktivitas lainnya.

Sakit gigi bisa diredakan dengan beberapa cara, tetapi sebelum itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari masalah pada gigi secara lebih mendalam. Setelah itu, kamu dapat menentukan langkah pencegahan hingga menentukan pengobatan yang tepat untuk meredakan sakit gigi.

Table of Contents

Apa Itu Sakit Gigi?

Sakit gigi merupakan rasa sakit ringan hingga berat yang berasal dari dalam atau di sekitar gigi dan rahang. Sakit gigi dapat berasal dari masalah gigi atau gusi yang tengah dialami. Maka dari itu penting untuk mengetahui apa yang menjadi akar permasalahan ketika mengalami sakit gigi.

Sakit gigi juga dapat disebabkan dari berbagai masalah pada gusi ataupun gigi. Kamu dapat mengetahui penyebab sakit gigi dengan mengenali gejalanya, kemudian melakukan pertolongan pertama untuk meredakan nyeri, sebelum akhirnya melakukan kunjungan ke dokter gigi jika sakit gigi tak juga kunjung reda.

Penyebab Sakit Gigi

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab sakit gigi, antara lain, yaitu kerusakan gigi, infeksi, tambalan yang longgar atau patah, atau gusi yang turun. Kerusakan gigi dapat berasal dari bakteri yang hidup di mulut dan tumbuh dengan baik karena kandungan gula atau sari dalam makanan yang dikonsumsi. 

Bakteri tersebut dapat membentuk plak yang menempel pada permukaan gigi. Asam yang terbentuk dari bakteri dalam plak dapat mengikis lapisan putih keras di bagian luar gigi (enamel) dan menciptakan rongga. Hal inilah yang kemudian dapat membuat kerusakan pada gigi, dan dapat mengakibatkan sakit gigi.

Jika rasa sakit berlangsung selama lebih dari satu atau dua hari, ada baiknya untuk segera menemui dokter gigi agar mendapatkan perawatan. Namun, beberapa cara mengobati sakit gigi menggunakan bahan-bahan yang biasanya tersedia di rumah berikut ini dapat meredakan ketidaknyamanan sementara yang ditimbulkan karena sakit gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi

1. Kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat membantu melonggarkan sisa makanan yang bersarang di gigi berlubang atau di antara gigi. Hal ini juga dapat mengurangi pembengkakan, mempercepat penyembuhan, dan meredakan sakit tenggorokan.

Kumur air garam dapat dilakukan dengan melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat selama sekitar 30 detik sebelum meludahkannya. Proses ini dapat diulangi sesering yang dibutuhkan.

Bagi banyak orang, berkumur dengan air garam adalah perawatan lini pertama yang efektif. Air garam merupakan desinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan sisa makanan yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Cara mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut. Untuk menggunakan cara ini, campurkan 1/2 sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2.  Kompres Dingin

Kamu juga dapat menggunakan kompres dingin untuk meredakan rasa sakit yang kamu alami, terutama jika ada jenis trauma yang menyebabkan sakit gigi. Ketika mengompres dengan kompres dingin, hal ini akan menyebabkan pembuluh darah di area tersebut mengerut. 

Cara yang satu ini dapat membantu membuat rasa sakit menjadi lebih ringan. Suhu dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Caranya pun mudah, hanya dengan menempelkan kantong es yang dibungkus handuk ke area yang sakit selama 20 menit setiap kali. Kamu dapat mengulanginya setiap beberapa jam.

3. Bawang Putih

Bawang putih memang telah dikenal dan digunakan sebagai obat untuk berbagai jenis keluhan penyakit. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan bawang putih pada sakit gigi, hancurkan siung bawang putih untuk membuat pasta dan oleskan ke area yang sakit. Kamu mungkin ingin menambahkan sedikit garam atau dapat mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

4. Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Rempah-rempah asli Kepulauan Maluku ini mengandung eugenol, senyawa kimia yang bertindak sebagai obat bius alami. Cengkeh juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi gigi dan gusi.

Kamu dapat merendam kapas kecil dengan minyak cengkeh dan mengoleskannya ke area yang terkena gigi yang sakit. Selain itu, cengkeh utuh yang sudah dikeringkan juga bisa digunakan. Kunyahlah cengkeh secara perlahan untuk mengeluarkan minyaknya dan tahan pada gigi yang sakit hingga 30 menit.

5. Teh Peppermint

Teh peppermint dapat membantu meredakan sakit gigi karena sifatnya yang membuat mati rasa. Seperti halnya cengkeh, peppermint memiliki sifat mati rasa yang dapat meredakan sakit gigi. Mentol, yang memberikan rasa dan aroma mint pada peppermint, juga dikenal sebagai antibakteri.

Satu sendok teh daun peppermint kering dapat dimasukkan ke dalam secangkir air mendidih dan didiamkan selama 20 menit. Setelah didinginkan, daun ini dapat dikibaskan di dalam mulut lalu diludahkan atau ditelan.

Kantong teh celup yang sedikit hangat dan basah juga dapat digunakan dan ditempelkan pada gigi selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang. Kamu juga dapat menggunakan beberapa tetes minyak peppermint pada kapas dan ditempatkan pada gigi yang sakit sebagai obat sementara.

Kapan Harus ke Dokter Gigi?

Kapan Harus ke Dokter Gigi?

Cara mengobati sakit gigi menggunakan bahan-bahan alami tentu hanya dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan nyeri. Sakit gigi, terlebih yang lebih dari dua hari, tentu memerlukan penanganan di klinik gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat berdasarkan diagnosis dari dokter gigi.

Kamu dapat segera berkonsultasi dengan dokter gigi yang terpercaya dan berpengalaman. Klinik Gigi PUTIH Dental memiliki berbagai staf dan dokter yang ramah dan berpengalaman, sehingga membuat pengalamanmu melakukan perawatan gigi menjadi semakin menyenangkan. 

Klinik PUTIH Dental juga menyediakan promo perawatan gigi yang tersedia spesial untuk kamu. Tunggu apa lagi? Yuk, segera buat janji temu dan konsultasikan kesehatan gigi dan mulutmu bersama Klinik Gigi PUTIH Dental yang berada di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara atau Puri Kembangan, Jakarta Barat. Cek lokasi selengkapnya di sini https://www.putihdental.com/location/