7 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Aman dan Efektif

 

Meski bukan masalah serius, gigi berlubang bisa jadi hal menyebalkan. Pasalnya, gigi berlubang bisa tiba-tiba sakit dan memicu masalah gigi lainnya, seperti sepsis, abses, hingga tanggal. Untuk itu, penting mengetahui cara mengobati sakit gigi berlubang. Apalagi gigi berlubang bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018 dalam laman Kemenkes, gigi berlubang atau rusak termasuk dalam 45,3 persen masalah gigi yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, menurut Riskesdas tersebut, anak usia dini lazim mengalami masalah gigi berlubang.

Persentasenya sendiri sekitar 93 persen. Artinya, hanya ada 7 persen anak-anak di Indonesia yang tidak mengalami masalah gigi berlubang.

Lantas, seperti apa cara mengobati sakit gigi berlubang yang tidak kunjung sembuh? Sebagai antisipasi, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Metode Medis

Cara mengobati gigi berlubang paling ampuh yang dapat dilakukan dengan metode medis. Perawatan ini tentu lebih aman karena dikerjakan oleh ahlinya. Pada pengobatannya, dokter akan melakukan beberapa metode, seperti menambal gigi atau melakukan perawatan saluran akar.

Guna memastikan keamanannya, perawatan gigi berlubang sebaiknya dilakukan klinik gigi terpercaya, RSGM, maupun rumah sakit umum dengan berkonsultasi kepada dokter gigi. Adapun pilihan metode pengobatan yang dilakukan ialah sebagai berikut.

1. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Sebelum melakukan perawatan gigi berlubang di klinik maupun rumah sakit, kamu perlu menerapkan hal sederhana untuk mengurangi atau mencegah sakitnya. Cara sederahannya ialah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Hal ini dapat dilakukan dengan rutin menyikat gigi berlubang serta flossing. Walau tidak secara langsung dapat mengobati sakit gigi berlubang, setidaknya cara ini bisa mencegah sakit gigi karena berkurang. Selain itu, dengan menjaga kebersihan gigi, bakteri yang masuk ke dalam gigi pun mungkin berkurang. Jadi, gigi berlubang tidak rentan sakit.

2. Minum Obat OTC (Over The Counter)

Apabila belum memungkinkan untuk melakukan perawatan gigi berlubang di dokter, kamu bisa minum obat OTC atau obat yang dijual bebas di apotek. Obat ini dapat membantu mengurangi serta mencegah sakit gigi berlubang.

Adapun obat yang bisa kamu konsumsi, seperti ibuprofen, acetaminophen, benzocaine, hingga paracetamol. Sedikit menambahkan, biasanya dokter pun akan meresepkan obat-obatan tersebut apabila sakit gigi berlubangmu mulai mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Melakukan Perawatan Fluoride

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang belum terlalu besar bisa dengan melakukan perawatan fluoride. Perawatan gigi ini dapat membantu memulihkan enamel pada gigi serta menutup kembali lubang yang ukurannya masih kecil atau dalam taraf permulaan, mengutip Mayo Clinic. Adapun perawatannya dilakukan oleh dokter dengan menggosokkan fluoride cair, busa, atau gel ke gigi.

Walau kadang ada pasta gigi yang mengandung fluoride, tetapi pemberian fluoride yang dilakukan oleh dokter gigi ini berbeda. Umumnya, fluoride yang digunakan lebih dari yang terkandung pada pasta gigi.

4. Tambal Gigi Atau Filling

Tambal gigi atau filling menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi berlubang nyut-nyutan yang umum dilakukan. Terutama, pada gigi yang lubangnya sudah cukup besar atau mulai mengalami pembusukan.

Pada metode ini, dokter akan membersihkan bagian gigi yang berlubang menggunakan alat khusus, lalu menambalnya. Bahan tambalan tersebut terbuat dari resin komposit, porselen, perak, hingga emas.

5. Prosedur Mahkota Atau Crown

Prosedur mahkota perlu dilakukan apabila gigi berlubang telah mengalami pembusukan yang cukup parah dan mulai menyebar. Dilansir Mayo Clinic, prosedur ini dilakukan dengan memasangkan mahkota gigi palsu pada gigi yang berlubang atau rusak.

Dokter gigi akan mengebor sebagian gigi yang mengalami pembusukan karena lubang, lalu disisakan sedikit untuk tumpuan mahkotanya. Umumnya, mahkota gigi palsu atau dental crown terbuat dari resin, porselen fusi logam, hingga emas.

6. Perawatan Saluran Akar

Apabila pembusukan mulai mencapai bagian dalam gigi atau pulpa, dokter mungkin akan menyarankanmu melakukan perawatan saluran akar sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang. Perawatan ini dapat memperbaiki dan menyelamatkan gigi yang sudah berlubang cukup parah, bahkan hingga terinfeksi. Ini bisa jadi salah satu alternatif selain mencabutnya.

Pada prosesnya, pulpa gigi yang sakit akan diangkat oleh dokter. Terkadang, dokter juga memasukkan obat ke dalam saluran akar untuk mengatasi infeksinya, melansir Mayo Clinic. Kemudian, dokter akan menambal atau memberikan mahkota gigi palsu agar gigi tidak perlu dicabut.

7. Cabut Gigi

Lubang pada gigi yang tidak ditangani dapat membuatnya semakin rusak.

Jika demikian, maka satu-satunya prosedur yang bisa dilakukan sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang hanyalah dengan mencabutnya.

Sayangnya, mencabut gigi berlubang dapat meninggalkan celah sehingga memungkinkan gigi lainnya bergeser. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan untuk memasang gigi palsu atau implan untuk mengganti yang hilang.

Cara mengobati sakit gigi berlubang bisa dilakukan dengan metode medis dan alami. Apabila dengan cara rumahan sakit gigi tidak kunjung sembuh, maka segera temui dokter agar tidak semakin parah. Semoga bermanfaat!