4 Cara Mengatasi Anak Demam Karena Tumbuh Gigi

4 Cara Mengatasi Anak Demam Karena Tumbuh Gigi

Pada usia 6-10 bulan, bayi umumnya akan mengalami pertumbuhan gigi pertama. Proses pertumbuhan gigi ini akan berlanjut hingga usia 2-3 tahun. Selama fase ini, anak mungkin mengalami demam tumbuh gigi yang ringan. 

Meskipun umumnya tidak perlu dikhawatirkan, orang tua perlu bersiap-siap karena demam tumbuh gigi bisa membuat anak menjadi lebih rewel.

Nah, melalui artikel ini, akan dijelaskan secara menyeluruh tentang cara mengatasi anak demam karena tumbuh gigi, beserta tanda-tanda dan gejala lain yang mungkin muncul ketika anak tumbuh gigi. Mari disimak! 

Tanda-tanda Anak Demam karena Tumbuh Gigi

Demam yang disebabkan oleh tumbuh gigi umumnya bersifat ringan, dengan suhu yang tidak melebihi 38 derajat Celcius. 

Demam tumbuh gigi biasanya disertai dengan ciri-ciri seperti nafsu makan berkurang, gusi yang membengkak, serta anak jadi lebih sering menggigit atau menggosok area sekitar mulut, telinga, dan pipi. 

Selain itu, anak juga mungkin menunjukkan tanda-tanda seperti ngiler, mudah marah, serta kemungkinan adanya ruam di sekitar mulut. 

Perilaku anak dapat berubah, termasuk kebiasaan baru seperti menggigit dan menggosok bagian-bagian tertentu di sekitar wajah.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Gigi Ngilu, Penyebab dan Tips Mencegahnya

Cara Mengatasi Anak Demam karena Tumbuh Gigi

Cara Mengatasi Anak Demam karena Tumbuh Gigi

Jika anak mengalami ketidaknyamanan atau demam saat tumbuh gigi, pertama-tama, penting untuk tetap tenang dan tidak panik. 

Berikut beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi anak rewel selama masa pertumbuhan gigi: 

1. Memberikan Camilan Sehat

Selama tumbuh gigi, anak mungkin mengalami perubahan kebiasaan, seperti suka menggigit benda di sekitarnya. 

Orang tua dapat mengarahkan kebiasaan ini dengan memberikan camilan sehat, contohnya potongan apel atau pisang. Pastikan untuk mendampingi anak agar tidak tersedak. 

2. Memberikan Teether atau Mainan Gigi

Sebagai alternatif dari menggigit benda yang berpotensi berbahaya, berikan anak teether atau mainan gigi. 

Pastikan mainan tersebut terbuat dari bahan aman dan bebas BPA, serta bersihkan sebelum diberikan kepada anak.

3. Mengusap Gusi Anak

Untuk meredakan rasa nyeri yang mungkin dirasakan oleh anak, orang tua dapat mengusap gusi dengan lembut menggunakan jari yang bersih. Usapan lembut ini dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan. 

4. Memberikan Minuman Dingin

Minuman dingin juga dapat membantu meredakan rasa nyeri selama tumbuh gigi. Namun, pastikan suhunya tidak terlalu dingin agar tidak menyebabkan ketidaknyamanan pada gusi.

Pilihlah minuman yang bernutrisi, seperti yoghurt atau susu dingin untuk si kecil. 

Melalui langkah-langkah ini, kamu dapat membantu anak mengatasi masa tumbuh gigi dengan lebih nyaman, sambil tetap memberikan perhatian dan pengawasan yang diperlukan terhadap pertumbuhan gigi anak.

Gejala Lainnya Saat Anak Tumbuh Gigi

Gejala Lainnya Saat Anak Tumbuh Gigi

Selain demam, biasanya ada gejala lainnya yang muncul ketika anak akan tumbuh gigi. Di antaranya: 

  • Gusi Bengkak: Bayi yang sedang tumbuh gigi biasanya memiliki gusi yang bengkak dan tampak kemerahan. Terkadang, juga bisa melihat kontur gigi yang mulai muncul secara samar di dalam gusi yang sedang meradang.
  • Gusi Gatal dan Kebiasaan Menggigit: Sensasi gatal pada gusi membuat Si Kecil cenderung menggigit benda di sekitarnya, seperti mainan atau bahkan pakaiannya, sebagai respons terhadap rasa gatal tersebut.
  • Produksi Air Liur Berlebih: Tumbuh gigi dapat meningkatkan produksi air liur pada bayi. Meskipun belum sepenuhnya dipahami, peningkatan aktivitas otot mulut selama proses tumbuh gigi diduga menjadi penyebabnya.
  • Ruam di Sekitar Mulut: Beberapa bayi mungkin mengalami ruam di sekitar mulut, dagu, atau leher akibat produksi air liur yang berlebihan. Pembersihan area yang basah dengan tisu atau lap bersih dapat mencegah munculnya ruam.
  • Penurunan Nafsu Makan: Bayi yang tumbuh gigi dapat menunjukkan penurunan nafsu makan atau bahkan penolakan untuk makan dan minum. Hal ini biasanya disebabkan oleh peradangan pada gusi akibat tumbuhnya gigi.
  • Rewel pada Malam Hari: Bayi yang mengalami tumbuh gigi cenderung menjadi rewel, terutama pada malam hari, karena rasa nyeri yang muncul pada gusi.

Itulah informasi lengkap mengenai cara mengatasi anak demam karena tumbuh gigi beserta tanda-tanda dan gejala lain saat anak tumbuh gigi. Jangan lupa untuk melakukan perawatan gigi anak sejak dini dan mengajak anak berkonsultasi ke dokter gigi dua kali setahun, ya.