Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas, Klinik Gigi dan Rumah Sakit

Merawat gigi adalah aspek penting dalam merawat tubuh. Hal ini dimulai dengan memastikan karang gigi yang menumpuk pada gigi dihilangkan secara berkala untuk memastikan tidak ada pembusukan di rongga mulut.

Untuk itu, Klinik Gigi PUTIH Dental akan menjelaskan padamu mengenai apa itu karang gigi, biaya membersihkan karang gigi, prosedurnya, dan perawatan setelah pembersihan karang gigi yang harus kamu ketahui. Baca informasinya sampai selesai, ya.

Table of Contents

Apa Itu Karang Gigi

Karang gigi juga dikenal sebagai plak atau kalkulus gigi adalah lapisan lengket yang menutupi email gigi. Karang gigi terbentuk ketika bakteri yang ada bercampur dengan protein dan partikel makanan lain yang tertinggal di mulut. Jika karang gigi dibiarkan tumbuh tanpa dihilangkan, hal pertama yang akan terjadi adalah penyakit gusi yang disebut gingivitis, yaitu gusi meradang, bengkak, dan berdarah. 

Kalsifikasi karang gigi menyebabkan periodontitis yang bahkan lebih serius daripada gingivitis. Terjadi pembentukan nanah di sela-sela gigi dan gusi, gigi menjadi goyang, mengunyah menjadi nyeri dan bau mulut terus menerus bahkan saat menyikat gigi. Periodontitis juga menyebabkan risiko penyakit jantung lebih tinggi.

Biaya Membersihkan Karang Gigi

Biaya Membersihkan Karang Gigi

Kamu pasti bertanya-tanya berapa biaya membersihkan karang gigi. Nah, berikut ini rincian biaya membersihkan karang gigi di Puskesmas, klinik gigi, dan rumah sakit:

  1. Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas

Biaya scaling gigi di Puskesmas biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan di klinik gigi atau rumah sakit. Di Puskesmas, biaya pembersihan karang gigi berkisar antara Rp80.000 hingga Rp100.000 tergantung pada kondisi mulut pasien. Namun, jika kamu memiliki BPJS Kesehatan, pembersihan karang gigi di Puskesmas bisa didapatkan secara gratis.

  1. Biaya Membersihkan Karang Gigi di Klinik Gigi

Sementara itu, biaya membersihkan karang gigi di klinik gigi berkisar Rp250.000 hingga Rp700.000, tergantung pada lokasi dan kompleksitas kasus. Perlu diingat bahwa estimasi tersebut bisa saja berubah tergantung pada kondisi individu pasien. Sebagai langkah antisipasi, disarankan untuk menyiapkan dana tambahan sekitar 20-30% dari perkiraan biaya untuk mengatasi kebutuhan tambahan yang mungkin timbul selama proses perawatan.

 

  1. Biaya Membersihkan Karang Gigi di Rumah Sakit

Layanan perawatan gigi di rumah sakit umumnya memiliki standar yang lebih tinggi dan dilakukan oleh dokter gigi spesialis. Hal ini menyebabkan biaya scaling gigi di rumah sakit menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan di tempat lain. Estimasi harga scaling gigi di rumah sakit berkisar antara Rp200.000 hingga Rp800.000 atau lebih, tergantung pada tingkat kompleksitas tindakan dan biaya tambahan yang mungkin diperlukan. Namun, harga tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada rumah sakit dan lokasi tempat tinggal pasien.

 

Prosedur Pembersihan Karang Gigi

Berikut ini prosedur pembersihan karang gigi yang perlu kamu ketahui:

  • Pemeriksaan Rongga Mulut: Dokter gigi memeriksa gigi dan mulut secara keseluruhan serta mengidentifikasi plak dan karang gigi dengan cermin khusus.
  • Pemberian Anestesi Lokal: Pada pasien dengan sensitivitas tinggi terhadap nyeri, dokter dapat memberikan anestesi lokal untuk mengurangi rasa tidak nyaman selama proses.
  • Pembersihan Karang Gigi: Dokter menggunakan ultrasonic scaler untuk menghilangkan karang gigi dengan gelombang ultrasonik. Jika perlu, karang gigi dibersihkan hingga ke bawah gusi menggunakan alat manual.
  • Sikat Gigi Elektrik: Setelah pembersihan karang gigi, dokter menggunakan sikat gigi elektrik untuk membersihkan gigi dan menyegarkan mulut.
  • Penggunaan Benang Gigi: Dokter membersihkan sisa plak di celah-celah gigi menggunakan benang gigi untuk kebersihan yang lebih baik.
  • Pembilasan: Pasien diminta berkumur dengan cairan mengandung fluoride untuk perawatan penutup.

Jika ditemukan penyakit gusi atau kerusakan gigi parah, dokter mungkin menyarankan perawatan tambahan seperti perawatan akar gigi dan pemberian antibiotik.

Perawatan Setelah Pembersihan Karang Gigi

Perawatan Setelah Pembersihan Karang Gigi

Setelah scaling gigi, kamu bisa kembali beraktivitas seperti biasa, tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan perawatan setelah pembersihan karang gigi meliputi::

  • Hindari makan atau minum selama 30-60 menit.
  • Pilih makanan yang lembut dan mudah dikunyah.
  • Sikat gigi lembut minimal 2 kali sehari dengan pasta gigi khusus untuk perawatan gigi setelah scaling.
  • Lakukan flossing gigi secara teratur.
  • Hindari merokok untuk mencegah timbunan plak.
  • Tetap periksa gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali.

Itulah informasi lengkap mengenai berapa biaya membersihkan karang gigi di Puskesmas, klinik gigi, dan rumah sakit. Manapun yang kamu pilih, kamu harus selalu mengutamakan kebersihan tempat perawatan gigi agar kamu mendapatkan perawatan maksimal yang tidak sembarangan.