Biaya Bleaching Gigi, Prosedur dan Manfaatnya

Sebagian banyak orang tidak segan untuk mengeluarkan uang berlebih demi penampilan dengan melakukan perawatan terhadap gigi. Salah satunya ialah bleaching gigi yang dapat memaksimalkan penampilan seseorang sehingga tampil lebih percaya diri dengan gigi yang putih dan bersih. Apa itu bleaching gigi, berapa biaya bleaching gigi, prosedur sampai manfaatnya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simak informasi dari Klinik Gigi PUTIH Dental berikut ini ya.

Table of Contents

Apa Itu Bleaching Gigi?

Apa itu bleaching gigi? Bleaching gigi adalah prosedur yang dilakukan untuk membuat gigi terlihat lebih putih dan cerah. bleaching gigi bisa menjadi cara yang efektif untuk mencerahkan warna gigi yang berubah warna seperti menguning. 

Prosedur bleaching gigi tidak menyebabkan kerusakan pada permukaan gigi sehingga kalian tidak perlu khawatir ketika akan melakukan bleaching gigi. Namun, perlu kalian ketahui bahwa efek bleaching gigi bersifat sementara dan hanya bisa bertahan selama beberapa bulan atau maksimal selama tiga tahun saja.

Jangka pemakaian bleaching gigi tergantung dari kebiasaan yang sering kalian lakukan, tapi pada umumnya efek gigi putih dan cerah tidak bertahan lama apabila seseorang sering melakukan kebiasaan buruk yang bisa menodai giginya. Misalnya karena sering merokok, minum kopi, ataupun meminum alkohol.

Bleaching gigi bisa mewujudkan keinginan kamu untuk memiliki gigi putih dan bersih. Namun, ternyata ada syarat-syarat tertentu yang harus kalian penuhi sebelum melakukan prosedur bleaching gigi supaya hasil akhirnya menjadi optimal. Maka kamu wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi yang kamu percaya sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur bleaching gigi. Biaya bleaching gigi pun sangat bervariatif, tergantung domisili, produk, hingga jenis perawatan yang tersedia untuk mendapat hasil yang kalian inginkan. 

Biaya Bleaching Gigi

Umumnya, biaya bleaching gigi yang harus kalian keluarkan berkisar dari Rp1.500.000 sampai sekitar Rp4.000.000. Biaya yang kalian bayar tersebut menentukan jenis produk yang kalian pakai, sehingga dengan kata lain menentukan pula hasilnya yang ingin kalian dapatkan.

Prosedur bleaching gigi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi. Karena untuk melakukan bleaching gigi perlu dilakukan beberapa kali konsultasi ke dokter gigi selama beberapa waktu.

Prosedur Bleaching Gigi

Prosedur yang akan kalian hadapi di antara lain adalah:

  1. Dokter gigi akan melakukan pengecekan warna gigi atau melakukan pencatatan sebagai gambaran pembanding sebelum dan sesudah bleaching.
  2. Dokter akan mengoles permukaan gigi kalian dengan sejenis batu apung untuk menghilangkan plak yang menempel pada gigi.
  3. Mulut, bibir, gusi, maupun lidah akan dilapisi kain kasa untuk menjaga gigi agar tetap kering.
  4. Rongga mulut akan dibuka dengan bantuan alat pembuka mulut yang disebut retraktor agar tidak mengenai pemutih pada gigi.
  5. Setelahnya permukaan gigi dilapisi dengan zat pemutih yang berbahan hidrogen peroxide atau karbamid peroksida.
  6. Setelahnya gigi akan dilaser guna mengaktifkan zat peroxide tersebut.
  7. Lapisan cairan tersebut akan didiamkan selama jangka waktu 30 sampai 60 menit dan biasanya dioleskan kembali apabila diperlukan. Jika proses bleaching gigi sudah selesai dilakukan, alat retraktor kemudian dilepas dan gigi dibilas guna membersihkan sisa pemutih yang masih menempel.
  8. Dokter akan memberikan sejenis fluoride untuk membantu meringankan efek samping pasca dilakukannya bleaching gigi. Prosedur ini bisa berlangsung berkisar 60 hingga 90 menit.

Hal yang Perlu Kalian Ketahui Sebelum Melakukan Bleaching Gigi: 

  • Pemutihan gigi hanya akan memutihkan gigi asli. Bleaching gigi hanya akan memutihkan gigi yang asli. Pemutihan gigi tidak akan berhasil dan warnanya tidak akan berubah apabila kamu sudah memiliki mahkota gigi, tambalan gigi atau veneer.
  • Gigi bisa menjadi lebih sensitif. Setelah bleaching gigi, ada kemungkinan gigi dan gusi menjadi lebih sensitif dikarenakan bahan kimia yang digunakan.
  • Pemutihan gigi bersifat sementara. Pemutihan gigi tidak bersifat selamanya dan hanya bisa memberikan hasil yang baik dan maksimal hanya selama tiga tahun. Namun, jika kalian adalah perokok aktif dan rutin minum kopi atau teh, maka kemungkinan dapat mengurangi  secara cepat ketahanan warna putih pada gigi.
  • Harus dilakukan oleh dokter gigi. Bleaching gigi hanya boleh dilakukan oleh ahli perawatan gigi profesional yang terpercaya. 

Efek samping setelah melakukan bleaching gigi yang paling umum terjadi adalah meningkatnya sensitivitas pada gigi. Sensitivitas pada gigi akan mereda dalam beberapa hari setelah perawatan. Selain itu, efek samping yang terjadi lainnya adalah:

  • Iritasi gusi.
  • Kemerahan.
  • Nyeri di mulut.
  • Sensasi seperti tersengat listrik kecil pada gigi yang baru di-bleaching.
  • Peradangan pulpa gigi, terutama jika gigi tersebut memiliki retakan atau patah. 
  • Iritasi ketika pemutih mengenai kulit dan gusi.

Manfaat Bleaching gigi

Manfaat utama bleaching gigi adalah membuat gigi kalian terlihat lebih putih serta mencerahkan senyuman. bleaching gigi juga dapat membantu menghilangkan noda yang menempel pada gigi serta mengembalikan warna alami gigi. Banyak manfaat yang didapatkan selain mencerahkan dan memutihkan gigi, yaitu antara lain:

1. Mengatasi perubahan warna gigi

Perubahan warna terhadap gigi dapat terjadi karena bertambahnya usia atau karena gaya hidup dan kebiasaan yang dilakukan. Bleaching gigi dapat menjadi jawaban atas permasalahan tersebut.

2. Menghapus noda di gigi

Noda pada gigi timbul karena makanan yang kamu konsumsi atau karena salah menyikat gigi dan flossing. Bleaching gigi meringankan dan melarutkan noda tersebut, sehingga noda yang ada tidak terlihat lagi.

3. Meningkatkan percaya diri

Gigi yang menguning dapat mengganggu rasa percaya diri kalian. Dengan bleaching gigi, maka penampilan akan menjadi lebih baik dan meningkatkan rasa percaya diri.

4. Mengurangi pertumbuhan bakteri

Bahan-bahan yang tersedia pada bleaching gigi didesain untuk membunuh bakteri yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada gigi dan gusi. bleaching gigi membuat kesehatan gigi membaik.

5. Mulut menjadi lebih sehat

Saat memutihkan gigi dengan bantuan dokter gigi, noda pada gigi akan hilang sehingga gigi menjadi lebih lebih sehat.

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Bleaching gigi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Gigi yang menguning bisa memicu stres karena penampilan fisik yang tidak memadai. Dengan gigi yang lebih putih sudah pasti  kamu berani lagi untuk bisa tersenyum.

7. Hasil yang lebih tahan lama

Jaga kebersihan mulut supaya bleaching gigi dapat memberikan hasil yang tahan lama.

Untuk memastikan bleaching gigi kalian sesuai dengan prosedur yang berlaku, maka sebaiknya bicarakan dengan dokter gigi sebelum melakukan prosedur bleaching gigi agar sepadan dengan waktu dan biaya yang kalian keluarkan. Kalian dapat melakukan bleaching gigi di Klinik Gigi PUTIH DENTAL untuk mendapatkan pengalaman bleaching gigi dengan kualitas terbaik dan nyaman.