Berapa Jumlah Gigi Anak dan Cara Merawat Gigi Anak

Berapa Jumlah Gigi Anak dan Cara Merawat Gigi Anak

Ketika menjadi orangtua, mengetahui segala hal tentang anak merupakan hal yang sangat penting dan wajib. Salah satunya gigi. Orangtua butuh tahu berapa jumlah gigi anak dari mulai tumbuh sejak bayi masih berada dalam kandungan. 

Jika kamu ingin mengetahui berapa jumlah gigi anak dan cara merawat gigi anak secara tepat dan maksimal, simak informasi dari Putih Dental sampai selesai, ya.

Berapa Jumlah Gigi Anak? 

Gigi susu merupakan jenis gigi yang bersifat sementara dan tumbuh pada masa kanak-kanak. Nantinya, gigi tersebut akan tanggal untuk memberi tempat pada pertumbuhan gigi dewasa. 

Lalu berapa jumlah gigi anak? Umumnya, anak memiliki total dua puluh gigi susu yang terdiri dari delapan gigi seri, empat gigi taring, dan delapan gigi geraham. 

Pertumbuhan gigi susu pada anak terjadi secara bergantian, dengan gigi seri bagian bawah menjadi yang pertama muncul. 

Susunan gigi susu ini akan tetap utuh hingga anak mencapai usia 6 atau 7 tahun. Pada rentang usia 6-7 tahun, anak akan mengalami proses ompong atau tanggalnya gigi susu. 

Gigi yang tanggal akan digantikan oleh gigi tetap. Setelah memiliki gigi tetap, penting untuk mengajarkan anak tentang kebiasaan merawat gigi secara disiplin untuk mencegah kerusakan gigi.

Baca Juga: Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak dan Tips Merawatnya

Perbedaan Gigi Susu dan Gigi Tetap

Perbedaan Gigi Susu dan Gigi Tetap

Gigi pertama yang muncul pada bayi seringkali disebut sebagai gigi susu. Meskipun berfungsi sebagai pengganti sementara bagi gigi tetap, gigi ini memiliki perbedaan dalam hal ukuran, warna, dan struktur. 

Dilansir dari Dental House, gigi susu biasanya lebih kecil dan terlihat lebih putih karena enamelnya lebih tipis. Mereka juga memiliki akar yang lebih pendek dan tipis. Jumlah gigi susu umumnya hanya 20, sedangkan gigi permanen atau gigi tetap dewasa mencapai 32 buah. 

Gigi tetap mulai tumbuh sekitar usia 6 tahun, ketika rahang anak sudah cukup besar. Pada usia 13 tahun, sebagian besar gigi tetap sudah muncul, kecuali 4 gigi bungsu yang biasanya tumbuh pada usia 17-21 tahun. 

Gigi pertama bayi umumnya adalah gigi depan, baik di bagian atas maupun bawah. Namun, gigi tetap pertama yang muncul adalah gigi geraham.

Fungsi gigi susu sangat penting karena mereka memandu pertumbuhan gigi permanen pada posisi yang tepat. Selain itu, gigi ini juga berperan dalam pembentukan wajah dan membantu anak dalam proses makan dan berbicara.

Cara Merawat Gigi Anak

Menjaga kesehatan gigi anak sejak dini merupakan suatu keharusan. Berikut ini cara merawat gigi anak menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) yang perlu kamu terapkan:

  • Mulailah membersihkan gigi dan gusi anak sejak gigi pertama tumbuh. Tidak hanya untuk menghilangkan sisa makanan dan bakteri, tetapi juga untuk membiasakan kegiatan menyikat gigi pada pagi dan malam hari bagi anak-anak. 
  • Lakukan pembersihan gigi dan gusi pada pagi dan malam hari sebelum tidur dengan menggunakan kasa basah atau sikat gigi berbulu lembut.
  • Hindari memberikan susu atau minuman manis kepada anak menjelang tidur, terutama jika menggunakan dot, karena dapat menyebabkan gigi berlubang kerusakan gigi. 
  • Batasi konsumsi jus pada anak. Meskipun memberikan jus buah dianggap baik, terlalu banyak konsumsi jus, terutama yang mengandung pemanis buatan, dapat merusak gigi. Disarankan untuk membatasi konsumsi jus pada anak tidak lebih dari 400 ml per hari. 
  • Berikan penghargaan kepada anak yang sudah terbiasa merawat gigi. Contohnya, memberikan cemilan sehat yang disukai anak sebagai bentuk apresiasi. 

Itulah informasi dan penjelasan lengkap mengenai berapa jumlah gigi anak, perbedaan gigi susu dan gigi tetap, serta cara merawat gigi anak dari PUTIH Dental. Semoga informasi di atas berguna untukmu, ya.