9 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Agar Tidak Kambuh Lagi

Sakit gigi berlubang pastinya menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Apalagi ketika tidak ditangani dengan benar, kondisi ini bisa jadi semakin parah bahkan menyebabkan penyakit gigi dan gusi lainnya yang lebih merugikan. Dalam beberapa kasus, dokter gigi akan merekomendasikan untuk melakukan pencabutan gigi, tergantung dari kondisi kesiapan pasien. Ada juga kondisi gigi berlubang yang bisa diatasi dengan menambal gigi, atau bahkan dikurangi rasa sakitnya dengan cara dan bahan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tetap harus mengutamakan keamanan dan penanganan yang tepat, berikut ini Klinik Gigi PUTIH Dental akan menjelaskan soal cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi. Simak penjelasan dan informasi lengkapnya di artikel ini, ya.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Agar Tidak Kambuh Lagi

Untuk masalah sakit gigi ini, kamu bisa menghilangkan rasa sakitnya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Namun, kamu harus tetap memantau gigi berlubang tersebut dan melakukan pemeriksaan jika sakitnya tidak kunjung hilang. Berikut ini daftar cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi:

1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Siapkan larutan air garam dengan mencampurkan satu sendok garam dalam air hangat, lalu berkumur selama beberapa detik. Air garam berfungsi sebagai disinfektan alami yang dapat membantu meredakan pembengkakan dan infeksi, serta membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

2. Berkumur dengan Air Hidrogen Peroksida

Kamu juga dapat menggunakan hidrogen peroksida 3 persen yang telah dicampur dengan air. Berkumur dengan larutan ini selama 30 detik untuk membunuh bakteri, meredakan nyeri, dan mengurangi pembengkakan.

3. Kompres Dingin dengan Es

Ketika mengalami sakit gigi berlubang, kompres area luar pipi dengan menggunakan es batu atau kain dingin untuk mengurangi rasa sakit dengan membuat area tersebut menjadi mati rasa.

4. Oleskan Minyak Cengkeh

Tak banyak yang tahu, minyak cengkeh mengandung eugenol, sejenis antiseptik alami yang dapat membantu meredakan rasa sakit. Kamu dapat mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit.

5. Kunyah Bawang Putih dan Merah

Bawang putih dan bawang merah mengandung auksin, agen antibakteri alami yang dapat meredakan nyeri dan pembengkakan. Haluskan salah satu bahan ini, lalu kunyah atau oleskan pada gigi yang berlubang.

6. Tempelkan Kantong Teh Basah

Cara selanjutnya adalah dengan menempelkan kantong teh basah yang hangat ke gigi yang berlubang. Kandungan tanin dalam teh dapat membantu meredakan rasa sakit.

7. Kunyah Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Kamu bisa mengupas jahe, mengunyahnya, dan membiarkannya di dalam mulut selama satu jam.

8. Berkumur dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji

Mencuci daun jambu biji dan menggunakan rebusan atau mengunyahnya dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri karena daun jambu biji mengandung zat antimikroba.

9. Melakukan Tindakan Medis

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin perlu mencari perawatan medis, seperti penambalan gigi yang berlubang, perawatan saluran akar gigi jika saraf mati, atau konsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau profesional kesehatan yang berkompeten untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisimu.

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Mengatasi Gigi Berlubang

Untuk melakukan perawatan medis saat gigi berlubang, sebaiknya kamu mempertimbangkan kualitas dan kebersihan dari klinik gigi yang kamu pilih. Jangan asal pilih yang murah tapi bisa menimbulkan masalah lain di kemudian hari, berikut ini rekomendasi cabang Klinik Gigi PUTIH Dental yang bisa jadi opsi:

Jl. Pantai Indah Utara 2 No.2, RT.2/RW.7, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Jl. Puri Kembang Timur No.39, RT.1/RW.5, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Itulah tadi informasi mengenai cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi beserta rekomendasi klinik gigi yang bisa kamu tuju. Jangan menyepelekan kesehatan gigi dan mulut, lakukan pemeriksaan rutin paling tidak dua kali dalam setahun untuk mempertahankan gigi yang bersih dan sehat. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, ya.