10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Bau mulut adalah masalah mulut umum yang dialami banyak orang di seluruh dunia. Bisa disebabkan karena berbagai hal, biasanya bau mulut terjadi karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Tapi, jika bau mulut tidak kunjung hilang, kamu harus mempertimbangkan adanya gigi berlubang dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Nah, melalui artikel dari Klinik Gigi PUTIH Dental berikut ini, akan dijelaskan mengenai cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang dan apa saja penyebab gigi berlubang. Simak informasinya sampai selesai, ya.

Table of Contents

Penyebab Gigi Berlubang

Penyebab Gigi Berlubang

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, kamu perlu tahu dulu apa penyebab gigi berlubang. Berikut ini alasannya:

  • Frekuensi menyikat gigi kurang atau tidak gosok gigi setelah makan dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi
  • Tidak menggunakan produk perawatan gigi yang mengandung fluoride
  • Mengkonsumsi berlebihan makanan dan minuman manis atau asam
  • Memiliki kondisi kesehatan seperti anoreksia, bulimia, GERD, atau mulut kering
  • Penurunan produksi air liur pada orang yang memasuki usia lanjut
  • Mengkonsumsi obat tertentu secara rutin atau konsumsi gula secara berlebihan

Dengan mengetahui penyebab gigi berlubang, kamu bisa menghindari dan mengurangi kebiasaan buruk di atas sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya gigi berlubang.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Bisa jadi sangat mengganggu dan membuatmu tidak nyaman, berikut ini cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang bisa kamu coba di rumah:

1. Berkumur dengan Air Garam

Untuk menghilangkan bau mulut, kamu bisa mencoba menghilangkannya dengan berkumur-kumur menggunakan air garam. Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu kumur selama 30 detik setelah menggosok gigi.

2. Mengunyah Cengkeh

Mengunyah cengkeh dapat membantu menyegarkan napas dan melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Cukup kunyah atau hisap beberapa siung cengkeh setiap hari.

3. Hindari Minuman Tertentu

Menghindari minuman seperti kopi, minuman bersoda, dan alkohol dapat membantu mencegah mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut.

4. Soda Kue

Campuran air hangat dan soda kue dapat digunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut. Campurkan satu sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat, aduk rata, dan kumur selama 30 detik.

5. Madu

Gak banyak yang tahu, madu, dengan sifat antibakterinya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Madu juga bisa membuat nafas jadi lebih segar.

6. Lemon

Asam askorbat dalam lemon dapat mengatasi bau mulut dengan membunuh mikroba penyebabnya. Kamu yang memiliki masalah bau mulut karena gigi berlubang bisa mencoba cara ini.

7. Tea Tree Oil

Tea tree oil ketika ditambahkan ke pasta gigi atau digunakan sebagai obat kumur, dapat membantu menyegarkan napas dan melawan bakteri penyebab bau mulut.

8. Hindari Makanan Manis

Kesehatan gigi dan mulut memiliki hubungan yang erat dengan apa saja yang kamu makan sehari-hari. Mengurangi konsumsi makanan manis seperti coklat dan permen dapat membantu mencegah gigi berlubang dan bau mulut.

9. Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran seperti apel, seledri, wortel, dan jeruk dapat membantu menyegarkan nafas dan mengurangi bakteri penyebab bau mulut. Jadi jangan malas untuk konsumsi buah dan sayur setiap hari, ya.

10. Rutin Periksa ke Dokter Gigi

Pertemuan rutin dengan dokter gigi setidaknya dua kali setahun dapat membantu memeriksa dan membersihkan gigi dari plak dan bakteri. Untuk kamu yang memiliki gigi berlubang, kamu bisa melakukan pencabutan gigi atau tambal gigi di dokter gigi kesayangan.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, setidaknya kamu bisa mengurangi adanya bau mulut karena gigi berlubang yang sangat terganggu. Ketika gigi sehat dan bersih, aktivitas kamu juga tidak akan terganggu dan kepercayaan diri juga pasti lebih meningkat.

Itulah tadi informasi mengenai cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang dan penyebab gigi berlubang. Jangan sepelekan masalah kebersihan dan kesehatan gigi jika tidak ingin memiliki masalah mulut lain yang lebih serius.