Cara Agar Gigi Putih Secara Alami dengan Mudah

Gigi merupakan salah satu aspek paling penting dalam menunjang penampilan. Itu sebabnya, semua orang pasti mendambakan gigi yang sehat dan PUTIH tanpa harus menggunakan bahan kimia tertentu yang justru dapat merusak gigi. Dengan memiliki gigi yang PUTIH, rasa percaya diri otomatis meningkat karena kesehatan gigi yang terjaga.

Agar kamu lebih memahami tentang kesehatan gigi, di artikel PUTIH Dental berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang bagaimana cara memutihkan gigi secara alami dengan mudah dan rekomendasi klinik untuk memutihkan gigi. Simak juga penjelasan tentang penyebab gigi menjadi kuning di sini, ya.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dengan Mudah

Kamu yang ingin memutihkan gigi secara alami, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan di rumah dengan bahan-bahan yang bahkan sudah kamu miliki. Selain itu, kamu juga butuh melakukan berbagai kebiasaan atau mengubah gaya hidup untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diantaranya:

1. Menggunakan Bubuk Kunyit

Dilansir dari Halodoc, bubuk kunyit nyatanya bermanfaat untuk menghilangkan noda pada gigi. Bukan hanya itu, bahan masakan satu ini juga dipercaya mampu mencerahkan warna gigi. Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu tinggal membalurkan bubuk kunyit ke sikat gigi dan menyikat gigi seperti biasa.

Setelah selesai, jangan langsung membilasnya melainkan tunggu sampai lima menit lalu berkumur. Ketika sudah bersih, sikat kembali gigi menggunakan pasta gigi dan ulangi cara ini secara rutin jika kamu menginginkan hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Minyak Kelapa

Bukan hanya ampuh untuk membuat rambut menjadi lembut dan membuat akar rambut lebih kuat, nyatanya minyak kelapa memiliki manfaat lainnya yakni memutihkan gigi. Caranya adalah dengan mengoleskannya ke gigi lalu menyikat gigi. Kamu perlu menunggu sampai 20 menit sebelum berkumur dan membersihkannya.

Walaupun masih asing di telinga orang awam, cara ini sudah dicoba oleh banyak orang sebagai bahan alami yang ampuh membuat gigi jadi lebih PUTIH. Apalagi penggunaan minyak kelapa ini bisa dilakukan kapan saja di rumah.

3. Menggunakan Baking Soda

Berdasarkan studi dari The Journal of Clinical Dentistry, pasta gigi yang memiliki kandungan baking soda lebih ampuh menghilangkan noda kuning pada gigi dibanding yang tidak ada kandungan baking sodanya. Sebagian dari kamu pasti pernah tahu bahwa baking soda merupakan salah satu bahan alami ampuh yang bisa menghilangkan noda berkerak dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Campurkan satu sendok teh baking soda yang sudah dicampur air pada pasta gigi, lalu sikat gigi dengan campuran tersebut. Dengan melakukan cara ini secara rutin beberapa kali seminggu, kamu bisa mendapatkan gigi yang lebih PUTIH secara alami.

4. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat membawa dampak buruk pada kesehatan tubuh dan gigi. Selain menyebabkan serangan jantung dan pneumonia, tembakau pada rokok sendiri bisa menembus enamel gigi yang menyebabkan warna gigi menjadi kuning.

Demi memiliki gigi yang PUTIH dan sehat, kamu pastinya butuh mengubah kebiasaan hidup dan konsisten dengan perawatan mulut yang maksimal. Jangan dianggap enteng, merokok dalam jangka panjang bahkan bisa menyebabkan radang gusi dan kanker mulut.

5. Jangan remehkan flossing gigi

Perubahan warna gigi menjadi kuning memang bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, gigi yang menguning juga bisa dikarenakan penumpukkan plak yang tidak dibersihkan. Makanya, jangan remehkan menyikat gigi dan flossing gigi secara teratur untuk mencegah penumpukan plak dan mengurangi bakteri di mulut.

Membersihkan gigi secara teratur selama kurang lebih dua menit juga mampu mencegah timbulnya noda pada gigi.

6. Membatasi Konsumsi Makanan dan Minuman Berwarna

Beberapa makanan dan minuman seperti kopi, soda, anggur merah, dan blackberry nyatanya mampu menodai dan mempengaruhi warna gigi. Bukan berarti kamu tidak boleh mengkonsumsinya, namun kamu perlu membatasi konsumsi makanan dan minuman tersebut.

Alangkah lebih baiknya jika kamu menghindari kontak langsung minuman tersebut dengan menggunakan sedotan. Selain itu, gosok gigi kira-kira 60 menit setelah konsumsi makanan atau minuman berwarna juga bisa melindungi warna gigi tetap cerah.

Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Ada berbagai penyebab gigi menjadi kuning. Usia juga ikut berpengaruh dalam perubahan warna gigi karena semakin tua, lapisan enamel jadi semakin tipis yang membuat lapisan dentin yang berwarna kuning jadi terlihat. Berikut beberapa penyebab gigi menjadi kuning:

  • Merokok
  • Tidak menjaga kesehatan gigi atau tidak melakukan perawatan gigi dengan benar
  • Mengkonsumsi kopi dan teh secara sering dan rutin
  • Enamel gigi yang rusak
  • Sering mengkonsumsi permen
  • Sering mengkonsumsi makanan atau minuman berwarna pekat

Rekomendasi Klinik Gigi untuk Memutihkan Gigi

Selain melakukan perawatan gigi secara rutin di rumah, kamu juga perlu berkonsultasi ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali untuk mencegah terjadinya masalah gigi dan gusi. Dalam perawatan gigi untuk menjadi lebih PUTIH ini kamu bisa mengunjungi klinik PUTIH Dental yang ada di Jalan Pantai Indah Utara 2 No.2, Jakarta Utara. Selain itu, klinik PUTIH Dental juga ada di Jl. Puri Kembang Timur No.39, Jakarta Barat.

Itulah tadi penjelasan lengkap soal cara memutihkan gigi secara alami beserta penyebab gigi menguning dan rekomendasi klinik gigi terpercaya. Lakukan perawatan gigi dengan maksimal dan jangan asal pilih klinik gigi agar tidak perlu menyesal di kemudian hari, ya.